SMK MUHAMMADIYAH 5 BABAT
TAHUN AJARAN 2014/2015
I.
LATAR
BELAKANG
Rendahnya
minat baca merupakan suatu ancaman yang dapat mengganggu peningkatan kualitas
sumber daya manusia di segala bidang. Rendahnya minat baca juga dapat
menurunkan manfaat utama daripada media. Padahal, media mutlak diperlukan
sebagai kemampuan dasar berpikir kritis untuk hidup di abad informasi.
Manfaat utama
media tidak lain adalah sebagai informan tidak hidup yang dapat memberikan
informasi guna menambah wawasan. Setiap hari kita diterpa ribuan informasi.
Kita dituntut untuk selektif, kritis dan cerdas dalam memilih maupun
menggunakan informasi mana yang akan kita respon. Sayangnya, kenyataan yang ada
disekitar kita adalah semakin menurunnya daya pikir kritis masyarakat, terutama
pelajar. Ketertarikan mereka terhadap media kebanyakan bukan didasari rasa
ingin tahu terhadap informasi atau ingin menambah wawasan. Tetapi karena untuk
hiburan belaka. Kenyataan yang lain adalah, masyarakat kita masih lebih
menggemari membuka media maya seperti internet dan menonton televisi ketimbang
membaca.
Sebagai muslim,
kita patutnya tahu, membaca adalah kegiatan guna menjadi muslim atau muslimah intelek yang beriman dan cerdas. Selain
secara langsung diperintahkan oleh Allah S.W.T dalam fiman-Nya Q.S Al-Alaq ; 1 ‘Iqra’
bismi rabbika alladzii khalaq ‘ yang berarti ‘Bacalah, dengan nama
tuhanmu yang telah menciptakan’. Allah S.W.T telah jelas menyuruh kita
untuk membaca dan mengkaji segala sesuatunya diniatkan untuk ilmu dan
beribadah. Karena membaca sangat erat hubungannya dengan informasi dan ilmu,
orang yang gemar membaca cenderung dapat menjadi lebih unggul dari individu
lainnya. Jika diterapkan serempak pada lembaga pendidikan islam, sangat
memungkinkan akan keluar generasi cendekiawan muslim yang kian cerdas dan
kompetitif. Bibit-bibit unggul tersebut tidak menutup probabilitas meningkatnya
kualitas muslim secara global.
Ironisnya,
pesatnya pertumbuhan media di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya
kepandaian membaca dan menulis, tingkat ‘literacy’ media pada masyarakat.
Masyarakat cenderung konsumtif terhadap media. Budaya membaca
harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya membaca tetapi juga
dengan berkarya dan memproduksi. Tidak hanya untuk para orang tua, guru
sekolah, dosen, tokoh agama atau para pembuat kebijakan, budaya membaca
media, sikap kritis dalam mengkonsumsi media justru harus dimiliki oleh
golongan yang secara langsung menjadi penikmat dan sasaran utama media yaitu
para pelajar dan remaja.
Apa yang telah
dituturkan diatas menunjukkan kepada kita beberapa celah yang dapat kita masuki
dan ‘tambal’ dengan melakukan hal tertentu. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis imtak dan imtek, kita butuh membentuk media
sebagai wadah guna menciptakan suasana yang menggambarkan minat baca tinggi,
terlebih di kalangan remaja. Begitu banyaknya ragam media di sekitar kita
dengan berbagai macam rupa dan bentuknya. Akan tetapi, semua media tersebut
hanya dapat memberikan manfaat bagi kita yang memanfaatkannya. Sedangkan, kecil
kemungkinan untuk mempublikasikan karya para siswa. Oleh karena itu,
pembentukan majalah sekolah sebagai media yang bersedia menerima karya-karya siswa,
sangat perlu dibentuk.
II. Jenis Media
Jenis media yang dipilih adalah majalah. Pemilihan
format majalah karena kelebihan yang dimiliki majalah, baik secara fisik maupun
materi berita dibanding format media lainnya adalah lebih cocok untuk pelajar.
Format majalah memiliki karakteristik :
-
Lebih menarik, dengan adanya ilustrasi,
gambar dan foto.
-
Mudah dibawa sehingga bisa dibaca di
mana saja.
-
Bersifat personal, atau dibaca
perorangan
III. NAMA MEDIA
Nama majalah yang akan diterbitkan Islamik
sebagai nama majalah beserta slogannya. Perihal itulah yang ingin kami tanamkan
pada media yang akan diterbitkan ini.
IV. TUJUAN
Media cetak ini
dibentuk dengan beberapa tujuan antara lain :
-
Meningkatkan kepandaian dan minat baca
para pelajar MUHLIBAT
-
Mengembangkan aktivitas di kalangan peserta didik
MUHLIBAT
-
Memberikan informasi, panduan serta
tips-tips yang dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa.
-
Menyediakan ruang ekspresi dan apresiasi
bagi siswa di bidang tulis-menulis, fotografi, jurnalistik dan minat lainnya.
-
Melatih keterampilan komunikasi tulis
menulis untuk menyampaikan karya sastra, opini, kritik atau ide di media yang
dibaca khalayak umum.
-
Menciptakan budaya kritis dan aktif
menulis.
-
Mewadahi opini siswa.
-
Meningkatkan kemampuan para pelajar MUHLIBAT
untuk dapat menghargai karya teman-temannya.
V. PEMBAGIAN REDAKSI
Berikut rincian singkat struktur redaksi yang akan
dibentuk :
1.
Penanggung Jawab
Bertanggung
jawab atas keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan
organisasi secara eksternal. Posisi ini dipegang oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Babat
2.
Pembimbing
Bertanggung
jawab atas keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan
internal organisasi. Juga bertanggung jawab sebagai korektor materi majalah
sebelum dicetak. Posisi ini dipegang oleh Guru Pembimbing.
3.
Pemimpin Redaksi
Bertanggung
jawab atas kebijakan dan strategi redaksional. Secara keseluruhan bertanggung
jawab terhadap operasi majalah baik jalannya produksi maupun isi majalah.
Bertugas merencanakan, mengkoordinasikan dan bertanggung jawab terhadap isi
materi majalah yang dibuat oleh staf redaksi.
4.
Wartawan
Bertugas untuk
mencari dan meliput berita maupun materi majalah dengan observasi lapangan
berupa wawancara narasumber. Wartawan juga bertugas mengumpulkan bahan materi
dari tulisan dan karya siswa.
5.
Content Writer
Bertanggung
jawab dalam pengetikan dan mengedit setiap himpunan isi materi majalah.
6.
Graphic Designer
Bertugas
mengerjakan, mendekorasi dan mendesain sampul majalah, ilustrasi, setting dan
sentuhan akhir berdasarkan tema setiap majalah yang akan terbit. Selain hal
tersebut, Graphic Designer juga bekerja rangkap sebagai penanggung jawab
percetakan majalah.
7.
Photographer
Bertanggung
jawab dalam pengambilan gambar pada setiap peristiwa dan event-event penting
yang terjadi di lingkungan sekitar kampus atau di luar SMK Muhammadiyah 5 Babat.
Karena keterbatasan sumber daya manusia, tidak
menutup kemungkinan untuk orang yang berada di salah satu bagian menjalankan
tugas diluar bagiannya sekaligus.
VI.
RUBRIKASI
Rubrikasi untuk media ini ditentukan dengan
mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan atas informasi apa yang diinginkan
pembaca. Redaksi berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin materi media, lalu
menyeleksi karya terbaik untuk dimuat majalah. Berdasarkan fungsinya,
rubrik-rubrik dalam ‘Islamik’ berusaha untuk menjadi informatif,
edukatif dan menghibur.
Berikut ini adalah deskripsi singkat tentang
rubrikasi majalah Islamik :
-
Dari Redaksi
Merupakan
pengantar dari redaksi, tercantum nama-nama dari seluruh tim redaksi ‘Islamik’.
Melalui rubrik ini, redaksi menyapa pembaca, menjelaskan garis besar tema di
tiap edisi, dan juga menggambarkan opini redaksi pada pembaca.
-
Content Menu
Rubrik ini akan
menunjukkan halaman ditempatkannya materi. Rubrik ini akan memudahkan pembaca
mencari artikel, ulasan, atau informasi yang diinginkan secara langsung tanpa
harus membaca dari awal.
-
Magz Box
Rubrik yang
memuat tulisan dari pembaca yang berisikan komentar, pertanyaan, kritik dan
saran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan majalah.
-
Magz Book
Berisi ulasan
topik-topik tertentu yang berkaitan dengan pelajaran dan lain-lain. Diharapkan
melalui rubrik ini, para siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang isu-isu
aktual di dunia sekolah yang mereka geluti.
-
Interview
Berisi main
news, merupakan uraian/berita utama tentang hasil liputan mendalam atas topik
tertentu. Rubrik ini merupakan inti pesan yang ingin disampaikan majalah kepada
pembaca.
-
Magz Write
Rubrik ini
menampilkan berbagai karya tulis siswa maupun guru. Karya tulis dapat berupa
artikel, cerpen, cerita bersambung, puisi dan karya sastra lainnya.
-
Islamiclopedia
Rubrik
Islamiclopedia tidak lain adalah ensiklopedia islam yang menampilkan
pengetahuan seputar agama islam. Berisi tentang uraian tokoh muslim, fiqih,
aqidah, isi kandungan ayat-ayat Al-qur’an dan Hadist beserta kajiannya, yang
disesuaikan untuk pembaca utamanya, remaja.
-
Organizations in Focus
Merupakan uraian
kegiatan kesiswaan. Berisi review tentang praktek kegiatan organisasi siswa dan
ragam ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Menampilkan prestasi-prestasi yang
telah diraih, sparing olahraga, olimpiade, lomba, dan berbagai kegiatan siswa
baik internal maupun eksternal.
-
What’s Your Opinion ?
Rubrik ini
berisi suara publik, pendapat serta opini siswa dan guru SMK Muhammadiyah 5 Babat tentang berbagai perihal topik
yang diangkat redaksi. ‘What’s Your Opinion ?’ juga berupa angket yang
menyalurkan beragam pemikiran siswa.
-
Idioms
Rubrik yang
memuat berbagai kata mutiara, pepatah, contoh kalimat dalam percakapan,
anekdot, istilah-istilah dan kata kiasan dalam 3 bahasa, Indonesia, Arab dan
Inggris.
-
Intermezzo
Menampilkan
aneka kreasi siswa yang berbau seni. Dapat berupa lukisan, komik, monogram,
manga dan karikatur, juga berisi chord lagu-lagu populer. Berisi karya para
komikus dan seniman SMK Muhammadiyah 5 Babat.
VII.
KARAKTERISTIK
MEDIA
-
Ukuran Majalah : 210
X 280 mm
-
Posisi :
Tegak/Portait
-
Tebal Halaman : 20
halaman
-
Jenis Kertas Cover : A4 HVS bagi 2
-
Jenis Kertas Isi : A4
HVS bagi 2
-
Warna : 40
% full color 60 % BW
-
Jilid :
tempel
VIII. PERIODE PENERBITAN
Waktu Terbit : Dua kali dalam
satu periode (satu kali tiap satu semester)
Edisi I : 27
Mei 2015
Edisi
II : 5 September
2015
Oplah : ...
eksemplar
Harga : Rp.
... ...,-
IX.
STRATEGI
PEMASARAN
Agar majalah ‘Islamik’
bisa dikenal secara luas oleh siswa, perlu dirancang suatu strategi yang
meliputi promosi dan pemasaran. Beberapa strategi pemasaran untuk mempromosikan
‘Islamik’ yang akan dilakukan antara lain :
1.
Personal Selling, menawarkan secara
langsung majalah ‘Islamik’ kepada siswa, guru dan karyawan sekolah
agar mau membeli dan berlangganan majalah.
2.
Pengenalan media dalam setiap
perkumpulan organisasi sekolah.
3.
Mewajibkan kepada perwakilan pengurus IPM,
organisasi lain dan perwakilan setiap kelas untuk membeli majalah ‘Islamik’.
X.
SUSUNAN
STAF REDAKSI
(Terlampir)
XI.
PEMBAGIAN
HALAMAN
(Terlampir)
XII.
RINCIAN
PENDANAAN
(Terlampir)
PENUTUP
Demikian proposal penerbitan majalah ‘Islamik’
ini kami susun. Kami yakin tanpa dukungan dari semua pihak, rencana mulia ini
akan sulit terwujud. Besar harapan kami majalah ini dapat terealisasikan
sehingga bermanfaat bagi masa depan generasi bangsa.
Babat, ...
Oktober 2015
Pembimbing Buletin Pembina Buletin
Drs. Sujarwo Edy Yuli Riyawan,
S.Pd
KTAM: KTAM:
-
Penanggung
Jawab
Kepala
Sekolah
Imam Bagus Setiawan, ST, S.Pd
KTAM: -
Lampiran 1
Susunan Staf Redaksi
Majalah
Penanggung Jawab : Imam
Bagus Setiawan, ST, S.Pd
Pembina : Drs. Sujarwo
Pembimbing :
Edy Yuli Riyawan, S.Pd
Staf Redaksi :
NO
|
NAMA
|
KELAS
|
JABATAN
|
1.
|
Pemimpin Redaksi
|
||
2.
|
Bendahara
|
||
3.
|
Sekertaris
|
||
4.
|
Ketua Wartawan
|
||
5
|
Wartawan
|
||
6.
|
Wartawan
|
||
7..
|
Ketua Content Writer
|
||
8.
|
Content Writer
|
||
9.
|
Content Writer
|
||
10.
|
Content Writer
|
||
12.
|
Content Writer
|
||
13.
|
Ketua Graphic Designer
|
||
14.
|
Graphic Designer
|
||
15.
|
Graphic Designer
|
||
16.
|
Ketua Photographer
|
||
17.
|
Photographer
|
Lampiran 2
Berikut adalah pembagian jumlah halaman untuk
masing-masing rubrik :
NO.
|
NAMA RUBRIK
|
JUMLAH HALAMAN
|
1.
|
Dari Redaksi
|
1
|
2.
|
Magz Menu
|
1
|
3.
|
Magz Box
|
1
|
4.
|
Magz Book
|
1
|
5.
|
Interview
|
4
|
6.
|
Magz Write
|
2
|
7.
|
Islamiclopedia
|
2
|
8.
|
Organizations in Focus
|
1
|
9.
|
What’s Your Opinion ?
|
1
|
10.
|
Idioms
|
1
|
11.
|
Intermezzo
|
2
|
12.
|
Jumlah
|
17
|
Jadi, pembagian halaman bisa dijelaskan sebagai
berikut :
NO.
|
JENIS HALAMAN
|
JUMLAH HALAMAN
|
1.
|
Cover/sampul
|
2
|
2.
|
Halaman Isi
|
17
|
3.
|
Halaman Iklan
|
1
|
4.
|
Jumlah Total Halaman
|
20
|
Lampiran 3
Rincian Perencanaan Pengelolaan Dana
No.
|
Pemasukan
|
Jumlah
|
1
|
Penjualan majalah 50 eks X Rp. ...
|
Rp.
|
2
|
Dana sekolah
|
Rp.
|
3
|
Sponsor
|
Rp.
|
Jumlah
total pemasukan
|
Rp.
|
Rincian Pengeluaran
No.
|
Biaya
Produksi
|
Jumlah
|
1
|
Biaya Cetak ...
eks
|
Rp.
|
2
|
Bahan-bahan Percetakan
|
Rp.
|
3
|
||
Jumlah
total pengeluaran
|
No.
|
Biaya
Non Produksi
|
Jumlah
|
1
|
Biaya Reportase
|
Rp.
|
2
|
Peralatan
|
Rp.
|
3
|
Transportasi
|
Rp.
|
Jumlah
total pengeluaran
|
Rincian keuntungan :
No.
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah total Pemasukan
|
Rp.
|
2
|
Jumlah total pengeluaran
|
Rp.
|
3
|
Jumlah keuntungan
|
Rp.
|
0 comments:
Posting Komentar