Sabtu, 30 April 2022

Soal Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor

 SOAL PTS GANJIL TAHUN 2021/2022

Pemel : Pemeliharaan kelistrikan 

Kelas: XI TBSM

  

 


 

1.Apa fungsi dari segmen/komutator pada armature: 

   


 

  1. a. Memperlambat putaran armature 

  2. b. Mempercepat putaran armature 

  3. c. Menghubungkan arus + baterai menuju masa pada setiapkumparan sehingga 

  1.     menghasikan kemagnetan  

  1. d. Menahan posisi drive lever 

  2. e. Mengungkit drive lever


2.apa fungsi dari altenator (flywheel magneto)... 

a. Komponen untuk mengembalikan daya pegas 

b. Komponen untuk percepatan laju kendaraan 

c. Komponen yang menghasilkan arus listrik AC 

d. komponen untuk Tipe fluida dan mekanis 

e. Komponen dalam bekerjanya tidak memerlukan arus listrik 


3.    Pada pengaman kelistrikan sepeda motor menggunakan pengam  s atu sekering, berapa  nilai kapasitas sekering warna biru berikut: 


a. 10 A 

b. 20 A 

c. 15 A 

d. 25 A 

e. 30 A 


           4. Bila lampu rem tidak menyala, komponen terpenting dari sirkuit ini yang perlu diperiksa

               Atau diganti adalah…

  1. a. Turn signal switch 

  2. b. Turn signal light dan switch 

  3. c. Battery dan tail light switch 

  4. d. Brake light dan brake switch 

  5. e. Ignition key 



    1. 5. Ketika saklar motor stater ditekan tapi motor stater berputar tersendat sendat, maka     

    Komponen mana saja yang harus diperiksa dan diganti adalah..

  1. a. Brush dan armature 

  2. b. Turn signal light dan switch 

  3. c. Battery dan tail switch stater 

  4. d. Brake light dan brake switch 

  5. e. Ignition key 


 6.Untuk mengukur sistem pengisian berfungsi dengan baik, cara mengukur besarnya arus

                  Listrik memakai ampere meter yang benar adalah…

   a. Paralel 

   b. Seri 

   c. Seri-paralel 

   d. Kombinasi 

   e. Langsung 


7.Proses pengisian adalah proses aliran arus listrik sebagai berikut :   

   a. Rectifier→ alternator→ accu

b. Alternator → rectifier→ accu

  c. Alternator→ accu→ rectifier

  d. Accu→ rectifier→ alternator

e. dioda→ accu→ rectifier 


8.Fungsi dari rectifier yaitu : 

a. Merubah arus DC menjadi arus AC

b. Merubah arus AC menjadi arus DC

c. Menghasilkan arus tidak beraturan d. Menghasilkan arus AC

e. Menghasilkan arus DC 


        9. Pada sistem pengapian magneto kabel yang berhubungan saat kunci kontak OFF adalah : 

a. Hitam/Putih dengan Hijau

b. Hitam/Kuning dengan Hijau

c. Putih dengan pink d. Merah dengan Hitam

e. Merah dengan Merah/Hitam 


10.Aliran listrik timbul karena adanya 

  1. a. Elektron-elektron yang mengelilingi inti 

  2. b. Gerakan teratur ke satu arah dari electron yang lepas terhadap intinya 

  3. c. Gerakan tidak beraturan dari electron bebas rdari intinya 

  4. d. Molekul yang pecah menjadi atom-atom 

  5. e. Jawaban a, dan b yang salah 

  6. 11.Berikut contoh kode busi  I W F 24, huruf  I artinya :

  7. a. Inti elektroda iridium

  8. b. inti elektroda busi

  9. c. Inti busi

  10. d. Inti besi

  11. e. Intensitan Elektroda Busi

            12. Huruf W artinya :

a. Diameter ulir dan ukuran Hexagon

b. Diameter dalam busi.

c. Diameter luar busi.

d.Ukuran besar busi.

e. ukuran busi panas.

           13.Huruf F artinya :

a.Panjang ulir busi

b.Panjang  ulir  rumah busi.

c.Type syandart

d.Ukuran busi dingin.

e.Kerengangan busi. 

14. Angka 24 artinya :

a.Tingkat panas busi 

b.Busi panas.

c.Busi dingin

d.Elektroda busi

e.Syarat pemakaian busi .

           15.Yang tampak pada busi : Insulator terlihat coklat muda ke abu abuan adalah 

a. Kondisi busi tidak normal.

b.Kondisi busi normal.

c. Busi kurang baik

d. Busi baik dan sempurna.

e. Busi mengalami panas berlebihan.

          16, Kondisi mesin susah distart,Akselerasi buruk diakibatkan oleh :

a.Busi mati

b.Busi terkena karbon Fouling

c. Gab busi terlalu rapat.

d.Gab busi kerenggangen

e.Busi tidak sesuai dengan spesifikasinya

17.Endapan karbon pada busi dikarenakan :

a.Kondisi busi tidak baik.

b. Campuran BB dan Udara tidak sesuai/terlalu kaya.

c. Air Cleaner kotor;

d.Penyetelan gab busi kurang tepat.

e.Busi tidak pernah diganti.

18.OIL FOULING[ENDAPAN KARBON]penyebabnya adalah ;

a.Kerusakan pada piston dan seal klep.

b.Ring torak mengalami kerusakan/aus.

c.piston aus.

d.Sudah waktunya mengkolter.

e.Koil dan CDI sudah lemah.

           19.Penyebab terjadinya OVER HEATING adalah :

a.Pemakaian busi tidak tepat

b.Pemilihan merk busi tidak tepat.

c.Pendinginan mesin kurang,waktu pengapian terlalu cepat.

d.Detonasi ringan.

e.Suhu busi kurang sesuai.

20.LEAD FOULING[endapan timah hitam],penyebabnya adalah ;

a.Pemakaian BB tidak baik nilai Oktan rendah.

b.Alat kelistrikan motor Imitasi.

c.Menggunakan BB dengan kandungan timah hitam[Oktan tinggi].

d.A F R tidak tepat.

e.Filter udaea sudah rusak/tidak pernah dibersihkan.

21.Busi mengalami keretakan disebabkan karena ;

a.Busi pernah jatuh.

b.Busi tidak pernah dirawat.

c.Pengencangan Busi berlebihan[OVER TORQUE]

d.Busi terlalu lama /tidak pernah diganti

e.Busi terlalu panas.

22.Apa kepanjangan dari C D I :

a.Charger Dioda Ignition.

b.Capasistor Dioda Ignition.

c.Conduktor Ddischarger ignition.

d.Capasitive Dischage Ignition.

e.Conector disg ignition

23.Urutan pengapian A C berikut ini adalah :

a.Spul_Pulser – CDI – COIL.

b.Spul-Pulser-cdi-coil-Busi.

c.Spull pengapian-igniter-CDI-Coil ICNITION-Busi.

d.IGNITER-SPUL-CDI-COIL-STECKER-BUSI.

e.Pulser-spule-cdi-coil-busi.

24.Penggnaan Fleser yang dianjurkan berapa kedipan :

a. 40 kedipan. b.30 kedipan , c.50 kedipan,d. 60 kedipan. e.70 kedipan.

25.E C M kepanjangan dari :

a. Enginer Countrol Madul

b. Engine Control Module

c.Engene Contak Mudole

d.Emgine Conyrol Modul.

e.ENGINE CONTROULE MIDEL.


       

      KUNCI JWBN :

  1,C, 2. C, 3.C, 4,B ,5.A, 6.A, 7.B, 8.9.A, 10.B.11.A,12. A, 13.A, 14.A.15.B.16.B.17.B.18.B

  

  19.C.20.C.21.C,22.D. 23.C.24.A.25.B








 







0 comments:

Posting Komentar