Jumat, 29 April 2022

Soal Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

 



  1. Mesin 4 tak akan menghasilkan tenaga setelah poros engkol berputar....

  1. 360 0 c.  60 0 e.  270 0

  2. 720 0 d.  180 0

  1. Gambar berikut adalah salah satu proses kerja motor 4 tak yang menunjukkan langkah …….

  1. pengisian

  2. kompressi

  3. kerja

  4. buang

  5. pembilasan



  1. Gambar berikut ini merupakan salah satu penyetelan katup

  1. Penyetelan katup TOP

  2. Penyetelan katup TOP kompresi silinder 1

  3. Penyetelan katup TOP kompresi silinder 2

  4. Penyetelan katup TOP kompresi silinder 3

  5. Penyetelan katup TOP kompresi silinder 4


  1. Tindakan yang harus dilakukan sebelum penyetelan celah katup, agar jarak celah tepat adalah …..

a.

Mematikan mesin

b.

Melepas kepala silinder

c.

Menepatkan piston pada posisi top

d.

Melepas busi

e.

Memanaskan mesin

  1. Fungsi poros engkol yang benar adalah …..

a.

Memperlancar putaran mesin

b.

Membantu gerak piston

c.

Merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar

d.

Mempercepat gerakan piston naik turun

e.

Menggerakkan piston naik turun


  1. Langkah-langkah dibawah ini yang tidak termasuk prosedur perawatan berkala/tune up, adalah …..

a.

Penyetelan katup isap dan buang

b.

Mengganti kampas rem yang sudah tipis

c.

Menyetelan jarak bebas handle gas

d.

Mengecekan lampu depan dan belakang

e.

Pengecekan oli pelumas

  1. Salah satu langkah penyetelan katup masuk dan buang adalah…

  1. menghidupkan mesin

  2. memutar poros engkol searah jarum jam

  3. memutar poros engkol berlawanan jarum jam

  4. mengeraskan baut penyetel dengan kunci momen

  5. menepatkan kedua katup dalam keadaan bebas


  1. Salah satu kerusakan pada komponen motor yang menyebabkan pemakaian oli mesin menjadi boros adalah….

  1. Celah katup terlalu besar

  2. Celah katup pengatur terlalu besar

  3. Celah bantalan poros engkol terlalu besar

  4. Celah torak dalam silinder di luar standar

  5. Celah pompa oli terlalu besar


  1. Motor 4 langkah 4 silinder dengan F.O = 1 – 3 – 4 – 2 jika silinder no. 4 langkah buang, maka silinder no. 1, 2 dan 3 mengalami langkah…….

  1. Kerja – Buang – Hisap

  2. Hisap – Kerja – Buang

  3. Kompresi – Kerja – Hisap

  4. Kompresi – Kerja – Buang

  5. Kerja – Kompresi – Hisap

  1. Apa kepanjangan dari OHV

  1. Over  head vacuum

  2. Over  high valve

  3. Over head valve

  4. On head valve

  5. Over hidden valve


  1. Menurut klasifikasi API service, minyak pelumas dengan kode “SC” digunakan untuk…..

  1. motor putaran tinggi

  2. motor operasi berat

  3. motor kecil

  4. motor bensin

  5. motor diesel


  1. Komponen- konponen pendingin air kecuali :

  1. radiator d. selang radiator

  2. pompa air                 e. water jacket

  3. full pump


  1. Untuk menyeimbangkan perbedaan volume air pendingin akibat panas, maka dipasang komponen : …..

  1. Tutup Radiator

  2. Radiator

  3. Reservoir Tank

  4. Thermostat

  5. Water Pump

  1. Gambar berikut ini menunjukkan pemeriksaan….1AAF23A8

  1. Tegangan baterai

  2. Besar arus baterai

  3. Spesifikasi baterai

  4. Kondisi pelat baterai

  5. Berat jenis air baterai


  1. Mesin 2 tak akan menghasilkan tenaga setelah poros engkol berputar....

  1. 360 0 c.  60 0 e.  270 0

  2. 720 0 d.  180 0



  1. mobil berikut yang berpendingin air, kecuali :

  1. kijang capsule d. VW kodok

  2. carry 1.0 e. karimun

  3. avanza

  1. kepanjangan dari SAE adalah

  1. Sociality of Automotive Engineering

  2. Society of Automobile Engineering

  3. Society of Automotive Engineering

  4. Society of Automobile Econimic

  5. Sociality of Automobile Electric


  1. Apa kepanjangan dari OHV

  1. Over  head valeve

  2. Over  head crankshaft

  3. Over head valve

  4. Over head valve timing

  5. Over head valve cham


  1. Fungsi poros engkol yang benar adalah …..

a.

Memperlancar putaran mesin

b.

Membantu gerak piston

c.

Merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar

d.

Mempercepat gerakan piston naik turun

e.

Menggerakkan piston naik turun

  1. Pengertian tekanan kompresi pada mesin ....

  1. Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan piston dari TMA ke TMB

  2. Tekanan yan dihasilkan oleh piston setelah melakukan langkah buang

  3. Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan piston dari TMB ke TMA setelah langkah isap

  4. Tekanan yang dihasiikan oleh gerakan piston dari TMB ke TMA setelah langkah usaha

  5. Tekanan yang dihasilkan oleh gerakan piston setelah langkah kompresi

  1. Apa fungsi karburator

  1. Untuk mencampur bahan bakar dan udara ketika mesin hidup

  2. Untuk mencampur bahan bakar dan udara sesuai dengan kondisi kerja mesin

  3. Komponen sebagai pencapuran bahan bakar dan udara

  4. Sebagai pencampur udara ketika masuk di ruang bakar

  5. Sebagai mendistribusikan bahan bakar ke masing-masing silinder

  1. Sistem bahan bakar konvensional adalah ...

  1. Sistem bahan bakar yang menggunakan karburator

  2. Sistem bahan bakar yang menggunakan pengapian platina

  3. Sistem bahan bakar yang menggunakan nozzle

  4. Sistem bahan bakar yang menggunakan ECU (Electronic control unit)

  5. Sistem bahan bakar yang menggunakan bensin

  1. Untuk mencegah terjadinya kebocoran akibat benturan maka tangki bahan bakar biasanya ditempatkan di ...

  1. Depan c. Belakang d. Tengah

  2. Agak sedikit menengah e. Agak kedepan

  1. Bagian dalam tangki bahan bakar dilapisi dengan ...

  1. Bahan pencegah karat d. Tembaga

  2. Bahan pencegah kebocoran e. Mangan

  3. Timbal

  1. Apa fungsi dari coil adalah

  1. Menaikan tegangan

  2. Membangkitkan tegangan

  3. Merubah tegangan dari DC ke AC

  4. Menurunkan tegangan

  5. Menstabilkan tegangan


0 comments:

Posting Komentar