Fungsi utama kopling adalah ....
Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke roda
Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke transmisi
Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke poros propeller
Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari engine ke poros axle
Menghubungkan dan memutuskan tenaga/putaran dari poros differensial
Komponen utama kopling manual adalah ....
Pelat kopling, tutup kopling dan mekanisme penggerak
Pelat kopling, kanvas kopling dan mekanisme pengerak
Pedal kopling, pelat kopling dan poros kopling
Pedal kopling, pelat kopling dan mekanisme penggerak
Pedal kopling, pelat kopling dan tutup kopling
Kopling kendaraan umumnya terdiri jenis-jenis kecuali ....
Kopling gesek
Kopling mekanis
Kopling magnet
Kopling satu arah
Kopling hidraulis
Pada tutup kopling terdapat pegas penahan yang berbentuk ....
Pegas koil
Pegas diapragma
Pegas ulir
a dan b benar
a, b dan c benar
Kemungkinan penyebab kopling slip, kecuali ....
Jarak bebas pedal kopling terlalu besar
Jarak bebas pedal kopling terlalu kecil
Plat kopling aus
Plat kopling berminyak
Plat kopling sudah lemah
Menurut mekanisme penggerak atau cara kerjanya, kopling terdiri dari dua tipe yaitu ....
Kopling manual dan kopling otomatis
Kopling tunggal dan kopling ganda
Kopling kering dan kopling basah
Kopling mekanis dan kopling hidraulis
Kopling hidraulis dan kopling elektris
Ditinjau dari bentuk bidang geseknya, kopling dibedakan menjadi dua yaitu ....
Kopling plat tunggal dan plat ganda
Kopling piringan dan kopling konis
Kopling basah dan kopling basah
Kopling pegas spiral dan kopling pegas diagprahm
Kopling gesek dan kopling magnet
Jika pada suatu kendaraan dimana transmisinya sukar untuk dibebaskan atau sukar untuk perpindahan gigi, penyebabnya ....
Pelat kopling aus/tipis
Pegas penekan pelat lemah
Tinggi pedal kopling terlalu rendah
a,b dan c benar
a dan b benar
Ketika seseorang mengendarai mobil melalui jalan mendaki/menanjak, terasa tenaga mesin berkurang dan kendaraan tidak dapat berakselerasi spontan, penyebabnya ....
Kopling macet
Kopling putus
Kopling slip
Gerak bebas pedal kopling terlalu besar
Gerak bebas pedal kopling terlalu kecil
Yang bukan Komponen utama kopling otomatis/hidraulis adalah ....
Impeller
Turbin
Stator
Pump
Main gear
Seorang pengemudi merasakan bahwa kecepatan mobilnya terasa lambat dan tidak bisa melaju dengan kencang. Padahal piosisi gigi 4. Kemungkinan penyebabnya ....
Kabel kopling putus
Pelat/kanvas kopling sudah tipis
Gerak bebas pedal terlalu kecil
a dan b benar
a, b dan c benar
Komponen utama transmisi manual kendaraan FR, kecuali
Counter shaft dan gear
Output shaft dan gear
Input shaft dan gear
Input shaft
Counter shaft mekanisme
Yang bukan meruapakan sistem pemindahan kecepatan pada transmisi manual yaitu
Transmisi dengan roda gigi geser
Transmisi dengan roda gigi tetap
Transmisi sinchronmesh
a,b dan c benar
orangromes
Jenis-jenis roda gigi yang umum digunakan pada transmisi manual adalah
Roda gigi spur
Roda gigi kerucut spiral
Roda gigi helical
Roda gigi double helical
Roda gigi epicyclic
Fungsi dari transmisi adalah...
A. Menurunkan kecepatan ketika tingkat gigi tertinggi terhubung
B. Kecepatan sama pada setiap tingkat gigi percepatan
C. Momen kecil ketika tingkat gigi tertinggi terhubung
D. Momen besar ketika tingkat gigi terendah terhubung
E. Menaikkan kecepatan ketika tingkat gigi terendah terpisahMomen yang besar dibutuhkan kendaraan pada saat ....
A. Mulai berjalan
B. Menuruni bukit
C. Di tempat datar
D. Berhenti
E. Kecepatan tinggiMemindahkan gigi transmisi manual dari gigi III ke gigi IV berarti...
A. Momen putar bertambah, kecepatan berkurang
B. Momen putar bertambah, kecepatan bertambah
C. Momen putar berkurang, kecepatan berkurang
D. Momen putar berkurang, kecepatan bertambah
E. Momen putar tetap, kecepatan berkurangGear Ratio pada rangkaian roda gigi di bawah ini bila jumlah gigi A = 42, B = 27, C = 18, D = 21 adalah...
1
0,5
1,25
0,75
1,5
Gambar komponen transmisi dibawah ini pada nomor 1,2,3,4,5 adalah….
Clutch hub, hub sleeve, key spring, shifting key, synchromesh ring
Hub sleeve, clutch hub, key spring, shifting key, synchromesh ring
Hub sleeve, clutch hub, shifting key, key spring, synchromesh ring
Hub sleeve, key spring, clutch hub, shifting key, synchromesh ring
Clutch hub, hub sleeve, shifting key, key spring, synchromesh ring
Komponen transmisi yang berfungsi meneruskan tenaga / putaran dari hub sleeve ke poros output adalah….
A. Hub sleeve
B. Clutch hub
C. Key spring
D. Shifting key
E. Synchromesh ring
Komponen transmisi yang berfungsi mencegah pergantian gigi sebelum putaran sama adalah….
A. Hub sleeve
B. Clutch hub
C. Key spring
D. Shifting key
E. Synchromesh ringKomponen transmisi manual terdapat mekanisme pencegah agar tidak terjadi hubungan ganda saat masuk gigi/ pindah gigi yaitu....
A. Gear shift control mechanism
B. Shift detent mechanism
C. Direct control mechanism
D. Remote control mechanism
E. Double meshing prevention mechanismKomponen transmisi manual yang berfungsi untuk mencegah gigi kembali ke netral dan untuk meyakinkan pengemudi bahwa roda gigi telah berkaitan adalah….
A. Gear shift control mechanism
B. Shift detent mechanism
C. Direct control mechanism
D. Remote control mechanism
E. Double meshing prevention mechanismSalah satu keuntungan kopling dengan tipe pegas diapragma adalah ....
A. Tekanannya dapat memperkecil keusan plat kopling
B. Tekanan pada plat kopling selalu konstan
C. Tekanan pedal kopling selalu konstan ketika kopling bekerja
D. Tekanan pegas sama saja
E. Tekanan pegas dapat merataKomponen yang berfungsi untuk meredam kejutan pada saat kopling mulai berhubungan pada gaya radial ditunjukkan oleh gambar nomor . . . .
1
2
3
4
5
Gambar komponen kopling di bawah ini pada nomor 1, 2, 3, 6, 9, 10 adalah….
A. Release fork, fly wheel, release bearing, pilot bearing, pressure plate, clutch cover
B. Pressure lever, fly wheel, pilot bearing, release bearing, pressure plate, diafragma spring
C. Release fork, fly wheel, bearing, release bearing, pressure plate, clutch cover
D. Pressure lever, fly wheel, release bearing, pilot bearing, pressure plate, clutch cover
E. Pressure lever, clutch cover, clutch bearing, release bearing, pressure plate, diafragma spring
Saat putaran mesin disalurkan maka plat kopling akan terjepit diantara pressure plate dan flywheel. Agar penyaluran putaran dapat disalurkan dengan lembut dan mengantisipasi gaya aksial maka diperlukan komponen . . . .
A. Torsion damper
B. Cushion plate
C. Clutch hub
D. Facing
E. RivetPerhatikan gambar kopling di bawah ini! Komponen kopling yang ditunjukkan nomor 5, 4, 6, 3, 2, 1 adalah...
A. Pressure lever, clutch plate, fly wheel, pressure plate, release bearing, release fork
B. Pressure lever, clutch plate, pilot bearing, release bearing, fly wheel, pressure plate
C. Pressure lever, release bearing, clutch plate, pilot bearing, pressure plate, release fork
D. Diafragma spring, clutch plate, fly wheel, pressure plate, release bearing, release fork
E. Diafragma spring, pressure plate, clutch plate, clutch cover, release bearing, pressure lever
Saat pedal kopling dilepas, putaran/tenaga engine diteruskan dari crank shaft ke ....
A. Fly wheel, clutch plate, pressure plate, input shaft transmision
B. Fly wheel, pressure plate, release bearing, input shaft transmision
C. Fly wheel, pressure plate, clutch plate, input shaft transmision
D. Fly wheel, release bearing, pressure plate, input shaft transmision
E. Fly wheel, release bearing, clutch plate, input shaft transmisionPernyataan di bawah ini yang bukan penyebab kopling selip adalah...
Pegas kopling lemah
Plat penekan aus
Run out flywheel berlebihan
Gigi hub sleeve aus
Flywheel terkena minyak
0 comments:
Posting Komentar