Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)
MODUL 3
Penguatan Literasi SMP dan SMA
Post Test
1. Salah
satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA
adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk
mendiskusikan buku bersama-sama.
A. Bagaimana
peran guru dalam kegiatan klub buku ini?
B. Guru
memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku.
C. Guru
mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku.√
D. Guru
memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan.
E. Guru
menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan literasi murid selama
diskusi buku.
2. Salah
satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut
Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas.
Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca
tersebut?
A. Menghias
sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar
B. Menjaga
kerapian dan kebersihan Sudut Baca Kelas
C. Mengkurasi
buku-buku yang akan diletakkan di Sudut Baca Kelas√
D. Mengingatkan
teman-temannya untuk tenang saat membaca
3. Minat
baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya
usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat
tersebut.
A. Benar√
B. Salah
4. Pada
strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin
Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru
sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?
A. Jumlah
teks yang disiapkan oleh murid.
B. Model
dan desain penanda yang dibuat oleh murid.
C. Alasan
murid menandai bagian yang mereka anggap penting.√
D. Sumber
atau referensi yang digunakan oleh murid.
0 comments:
Posting Komentar