Senin, 29 Januari 2024

Kunci Jawaban Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C) Modul 1

 


Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)

Nodul 1 Memahami Murid

Post Test

1.       Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:

A.      Bakat murid√

B.       Keterampilan murid

C.      Pengetahuan murid

D.      Ketertarikan murid

 

2.       Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?

1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.

2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.

3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah

4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan

5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.

Jawaban yang tepat adalah:

A.       1, 2, 3

B.      1, 3, 4√

C.      2, 3, 5

D.      2, 4, 5

 

3.       Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.

A.      Benar. √

B.       Salah.

 

4.       Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?

A.       Modifikasi proses

B.       Modifikasi produk akhir

C.      Modifikasi alur tujuan pembelajaran√

D.      Modifikasi konten

 

5.       Perhatikan kemampuan prasyarat pada contoh mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut:

1. Murid dapat menyampaikan ide tanpa bantuan guru

2. Murid dapat membedakan kalimat fakta dengan opini

3. Murid dapat membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas

4. Murid dapat membaca dengan cepat

5. Murid dapat menyampaikan ide secara lancar

Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:

A.       1 dan 2

B.      2 dan 3√

C.      3 dan 4

D.      4 dan 5

 

6.       Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:

1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.

2. Menentukan potensi yang sama untuk seluruh murid di kelas.

3. Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.

4. Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.

5. Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.

Strategi yang tepat adalah.......

A.      Nomor 1 dan 3. √

B.       Nomor 2 dan 4.

C.      Nomor 3 dan 5.

D.      Nomor 1 dan 5.

 

7.       Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?

A.      Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil. √

B.       Menentukan jarak yang berjauhan antara tiap kelompok agar tidak saling mengganggu.

C.      Meminta setiap murid mengisi lembar refleksi setelah kegiatan usai.

D.      Mengurangi jumlah anggota kelompok agar proses membaca menjadi lebih tenang.

 

0 comments:

Posting Komentar