Diferensiasi
dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)
Nodul
1 Memahami Murid
Post
Test
1.
Berikut
ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid,
kecuali:
A.
Bakat
murid√
B.
Keterampilan
murid
C.
Pengetahuan
murid
D.
Ketertarikan
murid
2.
Dalam
video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis
murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan
rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa
Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia
untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di
sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses
belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang
tepat dalam proses pembelajaran?
1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai
lembar kerja murid.
2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu
singkat.
3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik
dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti
karier di masa depan
5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya
sendiri.
Jawaban yang tepat adalah:
A.
1,
2, 3
B.
1,
3, 4√
C.
2,
3, 5
D.
2,
4, 5
3.
Berdiskusi
dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai
kebutuhan murid.
A.
Benar.
√
B.
Salah.
4.
Dari
keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif
modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?
A.
Modifikasi
proses
B.
Modifikasi
produk akhir
C.
Modifikasi
alur tujuan pembelajaran√
D.
Modifikasi
konten
5.
Perhatikan
kemampuan prasyarat pada contoh mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut:
1. Murid dapat menyampaikan ide tanpa bantuan guru
2. Murid dapat membedakan kalimat fakta dengan opini
3. Murid dapat membedakan kalimat utama dengan
kalimat penjelas
4. Murid dapat membaca dengan cepat
5. Murid dapat menyampaikan ide secara lancar
Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan
yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3√
C.
3
dan 4
D.
4
dan 5
6.
Sebuah
kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring,
perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat
digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:
1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi
projek.
2. Menentukan potensi yang sama untuk seluruh murid
di kelas.
3. Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
4. Memberikan kesempatan kepada murid untuk
memberikan umpan balik.
5. Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar
tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah.......
A.
Nomor
1 dan 3. √
B.
Nomor
2 dan 4.
C.
Nomor
3 dan 5.
D.
Nomor
1 dan 5.
7.
Dalam
contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu
Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video
tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?
A.
Memberikan
instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke
dalam kelompok-kelompok kecil. √
B.
Menentukan
jarak yang berjauhan antara tiap kelompok agar tidak saling mengganggu.
C.
Meminta
setiap murid mengisi lembar refleksi setelah kegiatan usai.
D.
Mengurangi
jumlah anggota kelompok agar proses membaca menjadi lebih tenang.
0 comments:
Posting Komentar