Diferensiasi
dalam Pembelajaran (SMP - SMA/ Paket B-C)
MODUL
2
Persiapan
Pembelajaran Terdiferensiasi
Post
Test
1.
Bu
Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan
pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya.
Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya
dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?
A.
Bu
Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak
murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan
dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.
B. Bu Esther dapat
melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid
dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah
ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat
memahami konsep.
C.
Bu
Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak
murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan
konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman
konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
D.
Semua
salah
2.
Perhatikan
elemen-elemen berikut:
1. Kebutuhan murid
2. Kondisi kelas
3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
4. Lingkungan sekolah
Apa saja aspek yang perlu
dipertimbangkan saat Guru akan melakukan modifikasi pembelajaran?
A. 1 dan 2
B.
2
dan 3
C.
3
dan 4
D.
1
dan 3
3.
Ibu
Ani menemukan banyak murid yang masih belum paham sama sekali atau bahkan
memerlukan kegiatan remedial di kelasnya. Manakah langkah yang paling tepat ia
lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut?
A. Ia dapat
merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk
murid yang memerlukan remedial.
B.
Ia
dapat membuatkan PR yang banyak agar murid belajar sendiri di rumah.
C.
Ia
menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya kurang belajar.
D.
Ia
meminta setiap murid mengumpulkan tugas di akhir kelas.
4.
Pak
Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran,
khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh
Pak Bonu adalah
A.
Mengajak
murid untuk m enyepakati target dan tujuan belajar.
B.
Mengajak
murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat
belajar.
C.
A
dan B adalah jawaban salah
D. A dan B adalah
jawaban benar
5.
Seorang
pendidik akan melaksanakan satu kegiatan pembelajaran di kelas. Ia mendapati
bahwa murid-murid di kelas belum pernah mendapatkan satu materi yang ingin
diajarkan. Apa yang perlu ia sampaikan kepada para murid di awal pembelajaran?
A.
Ia
dapat menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten.
B. Ia dapat
menyampaikan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga
murid-murid perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum
kelas dimulai.
C.
Ia
dapat menjelaskan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan
murid terhadap materi tersebut, bagaimana materi ini bermakna dalam kehidupan
sehari-hari dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
D.
Ia
dapat langsung menjelaskan dan memberi soal terkait materi tersebut sehingga
murid terbiasa.
0 comments:
Posting Komentar