Kunci
Jawaban Modul 4
Mendidik
dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
1.
Proses
belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu…
A. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. menyamarkan watak – watak baik murid
C. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis ✓
D. menebalkan watak – watak tidak baik murid.
2.
Budi
pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali…
A. Jiwa ✓
B. Cipta
C. Karsa
D. Rasa
3.
Ki
Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia
atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan
karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
A. Rasa takut
B. Cemas
C. Percaya Diri
D. Pengetahuan ✓
4.
Teori
yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan
ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik
merupakan teori…
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa ✓
5.
Menurut
Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran,
perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga. ✓
B.
Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran
atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di
dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat
tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya
perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan
dan direncanakan sebelumnya.
6.
Ki
Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. Biologis dan intelligible ✓
B.
Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis
7.
Bagian
yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan
lainnya merupakan…yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. Bagian jasmani
B. Bagian biologis ✓
C. Bagian intelligible
D. Bagian keterampilan
8.
Ketrampilan
pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang
dapat berubah jika…
A. Dibiarkan tanpa intervensi
B. Dipengaruhi keadaan dan lingkungan ✓
C. Memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan
9.
Tempat
utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah…
A. Sekolah
B. Keluarga ✓
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak
10. Teori
konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu…
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’ ✓
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’
11. Memiliki sikap
rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan…
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik ✓
D. Budi Pekerti
12. Apa yang dapat
dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya ✓
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri
0 comments:
Posting Komentar