Soal 1
Silakan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini: (1) Guru
memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim. (2) Guru memberikan
aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains. (3) Peserta didik berada dalam
lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan. (4) Peserta didik diberikan
apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide. Apa saja kegiatan yang dapat
dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang
kreatif?
C (1) dan (4)
Soal 2
Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman
kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat
oleh temannya sangat kreatif dan baru. Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni,
prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk
peserta didik kelas 3 SD. Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip
orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu…
B Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa
bagi orang lain.
Soal 3
Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu
masalah disebut juga sebagai…
D Berpikir konvergen
Soal 4
Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang
ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan
Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari
laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan
memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah. Dari cerita di atas,
dapat disimpulkan bahwa…
A Budi menjiplak dan Santi terinspirasi karya lain
0 comments:
Posting Komentar