Jumat, 26 Januari 2024

Kunci Jawaban Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A MODUL 2

 


Kunci Jawaban Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A

MODUL 2

Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

Post Test

1.       Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...

A.      Merupakan pemahaman praktis.

B.      Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.

C.      Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.

D.      Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.

 

2.       Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?

2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?

3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?

4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?

Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?

A.      1 dan 2

B.      2 dan 3

C.      1 dan 4

D.      2 dan 3

 

3.       Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :

1. Mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik

2. Memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar

3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik

4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik

Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .

A.      1 dan 2

B.      2 dan 3

C.      1 dan 3

D.      2 dan 4

 

4.       Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . . .

A.      Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran

B.      Aspek dan tingkat capaian peserta didik

C.      Capaian pembelajaran sesuai fase

D.      Lembar penilaian yang disiapkan

 

5.       Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .

A.      3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus

B.      Musik dan vokal terdengar harmonis

C.      Suara musik tidak mendominasi

D.      Artikulasi dan nada tepat

 

6.       Ragam bentuk dari rancangan pembelajaran adalah …

A.      RPP

B.      Modul ajar

C.      Lesson plan

D.      Benar semua

 

7.       Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:

1.       Isi modul ajar untuk pembelajaran luring

2.       Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses

3.       Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh

Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....

A.      Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya

B.      Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya

C.      Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar

D.      Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring.

 

8.       Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :

1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.

2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam

3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.

Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .

A.      1 dan 2

B.      3 dan 4

C.      1 dan 3

D.      2 dan 4

0 comments:

Posting Komentar