Kunci
Jawaban Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
MODUL
2
Merancang
Pembelajaran SD/ Paket A
Post
Test
1.
Berikut
pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah ...
A. Merupakan
pemahaman praktis.
B. Mencerminkan
kesimpulan dari pembelajaran.
C. Didapat melalui
berbagai proses pencarian belajar.
D. Tidak memiliki
jawaban 'benar' atau 'salah'.
2.
Perhatikan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara mengukur panjang
sebuah meja?
2. Alat apa saja yang dapat digunakan
untuk mengukur meja?
3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
4. Apa yang bisa dilakukan untuk
mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat
ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari
pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu
Ami?
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C. 1 dan 4
D.
2
dan 3
3.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Mengetahui pencapaian hasil belajar
peserta didik
2. Memperoleh data berupa nilai dari
pencapaian hasil belajar
3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal
yang dimiliki peserta didik
4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta
didik
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen
sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B.
2
dan 3
C.
1
dan 3
D.
2
dan 4
4.
Dalam
penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . .
.
A. Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran
B.
Aspek
dan tingkat capaian peserta didik
C.
Capaian
pembelajaran sesuai fase
D.
Lembar
penilaian yang disiapkan
5.
Pak
Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin
agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara
berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk
memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya,
Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan
menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik
yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
A. 3 alat musik
atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal
terdengar harmonis
C. Suara musik
tidak mendominasi
D. Artikulasi dan
nada tepat
6.
Ragam
bentuk dari rancangan pembelajaran adalah …
A.
RPP
B.
Modul
ajar
C.
Lesson
plan
D. Benar semua
7.
Ibu
Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia
untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat
hal-hal berikut:
1. Isi modul ajar
untuk pembelajaran luring
2. Modul ajar
menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
3. Modul ajar
menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara
menyeluruh
Jika akan menggunakan modul ajar
tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....
A. Mengganti
rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
B. Mengganti lembar
aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
C. Menyiapkan
sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar
D. Mengganti bentuk
asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan
secara daring.
8.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1. Bermanfaat untuk memberikan
pengalaman sensorik.
2. Memudahkan peserta didik untuk
memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
3. Lebih disukai peserta didik karena
melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta
didik.
4. Mudah dipahami karena disajikan
menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas,
keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
0 comments:
Posting Komentar