Kunci
Jawaban Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
MODUL
3
Refleksi dalam
Pembelajaran SD
Post Test
1.
Berikut
ini yang tidak dilakukan pendidik ketika meminta peserta didik untuk melakukan
refleksi adalah . . . .
A.
Merancang
pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
B.
Menciptakan
suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi
C. Meminta semua peserta didik
untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya√
D.
Menyiapkan
beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik
2.
Pak
Ahmad adalah seorang guru sosiologi SMA. Pak Ahmad telah menyiapkan beberapa
pertanyaan untuk memandu proses refleksi tersebut. Pada hari tersebut Pak Ahmad
merupakan guru terakhir yang masuk di kelas sebelum menjelang jam pulang.
Ketika menjelang akhir pembelajaran, Pak Ahmad pun mengajak peserta didiknya
untuk melakukan refleksi bersama, namun suasana kelas pada saat tersebut cukup
panas dan riuh. Apa yang dapat dilakukan Pak Ahmad untuk menciptakan kondisi
kelas sehingga peserta didik tenang, dan dapat mencari posisi yang nyaman untuk
melakukan refleksi?
A.
Meminta
peserta didik mencatat pertanyaan - pertanyaan panduan refleksi dan
menyelesaikannya di rumah.
B.
Meminta
peserta didik untuk masuk sesi refleksi tanpa mengkondisikan suasana kelas yang
panas dna riuh.
C. Mengkondisikan peserta didik
untuk mulai duduk tenang dan mencari posisi yang nyaman untuk melakukan
refleksi. √
D.
Mengajak
peserta didik untuk hadir lebih awal ke sekolah besok pagi untuk sesi refleksi
bersama di kelas.
3.
Bu
Dita seorang guru SMK. Pada akhir proses pembelajaran, beliau mengajak peserta
didik untuk melakukan refleksi. Dalam proses refleksi, Bu Dita meminta peserta
didik untuk bisa berbagi hasil refleksi, namun ketika salah satu peserta didik
sedang berbagi, ada peserta didik lain yang asik berbicara dengan teman
disebelahnya mengomentari tentang hasil refleksi temannya. Berikut ini yang
perlu dilakukan oleh Bu Dita adalah . . . .
A.
Menunjuk
kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi
B. Mengajak peserta didik untuk
kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain√
C.
Mengingatkan
bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi
D.
Meminta
peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan
pribadi masing - masing
4.
Perhatikan
pertanyaan berikut ini :
1. Apa saja yang kamu ketahui tentang materi
ini sebelumnya?
2. Bagaimana perasaan kamu tentang
pembelajaran hari ini?
3. Tahapan apa yang kamu lalui untuk
menghasilkan tugas/projek ini?
4. Bagian mana dari pembelajaran hari ini yang
kamu sukai?
5. Apa yang ingin kamu tingkatkan?
6. Jika ada satu kesempatan untuk mengubah,
apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?
Pertanyaan di atas yang paling tepat untuk
mengajak peserta didik melihat peluang perbaikan dari pengalaman belajar yang
sudah di alami adalah . . . .
A.
1
dan 2
B.
3
dan 4
C. 5 dan 6√
D.
1
dan 3
5.
Perhatikan
beberapa pertanyaan berikut:
1) Saya paling puas saat berhasil
melakukan ….
2) Cara yang paling membantu saya
dalam memahami topik ini adalah ….
3) Saya masih perlu belajar lagi
saat melakukan ….
4) Target saya pada pembelajaran
selanjutnya adalah ….
5) Saat belajar minggu ini, saya
berhasil melakukan ….
Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat
refleksi bersama murid fase A adalah
A.
1
dan 2
B.
3
dan 5
C. 2 dan 4√
D.
2
dan 5
6.
Dalam
membuat pertanyaan refleksi yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah
A.
Fase
murid
B.
Usia
murid
C. Pemahaman murid√
D.
Pemahaman
guru
0 comments:
Posting Komentar