Kunci Jawaban Post Test Memahami Asesmen Soal 1 dari 12
Penyataan yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
adalah
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk
semua guru dan semua murid.
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar
minumum yang harus dicapai setiap murid.
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber
informasi bagi guru untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran
sesuai kondisi murid.
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan
dengan aktivitas selama proses pembelajaran dan strategi asesmen yang akan
dilakukan.
Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui
kapasitas murid di kelas adalah
asesmen formatif
asesmen sumatif
asesmen diagnostik
asesmen diri
Bu Alda akan melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen . Untuk tes
tersebut, sebaiknya Bu Alda menggunakan instrumen asesmen ….
Catatan anekdotal
Rubrik
Tabel ceklis
Lembar pengamatan
Asesmen sebagai proses belajar bertujuan untuk
sarana refleksi bagi murid terkait pencapaian diri terhadap
capaian pembelajaran.
melakukan penilaian akhir capaian pembelajaran murid.
mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki
pembelajaran di tema berikutnya.
melakukan pengecekan minat.
Pak Didi akan melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut:
Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya
pada peristiwa di lingkungan sekitar.
melakukan observasi mengenai perkembangan pengetahuan murid
mengenai gaya dan gerak.
menggunakan tes tertulis pilihan ganda untuk mengetahui
pemahaman murid mengenai pemanfaatan gaya dan gerak.
melakukan projek mengenai pemanfaatan gaya dan gerak
disertai laporan pelaksanaan projek.
melakukan tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya.
Peran asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
Untuk memberikan informasi kepada kepala sekolah mengenai
kualitas pembelajar yang terjadi di sekolah
Menstimulus pola pikir kritis murid untuk mengetahui mana
yang benar dan mana yang salah
Meningkatkan kemampuan guru dalam mengecek hasil akhir
pencapaian murid
Membantu guru untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
Asesmen hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk
memahami proses pembelajaran yang telah berlangsung
Benar
Salah
Perhatikan pernyataan di bawah ini
1.
Untuk mengetahui sejauh
mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
2.
Untuk merencanakan
perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.
3.
Untuk mengetahui sejauh
mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
4.
Untuk mengetahui nilai
capaian belajar anak.
5.
Untuk mengetahui kekuatan
dan kelemahan belajar setiap individu.
6.
Untuk merencanakan pola
pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen sumatif bagi guru adalah …
1 dan 4
2 dan 3
4 dan 6
1 dan 5
Pak Ian ingin mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA.
Ia juga ingin melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid.
Manakah asesmen di bawah ini yang dapat dilakukan oleh Pak Ian?
Murid mengerjakan proyek IPA kemudian Pak Ian memeriksa dan
menilai produk akhir yang dihasilkan dari proyek yang dikerjakan.
Murid mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi, kemudian
Pak Ian memberikan umpan balik agar murid melakukan perbaikan.
Murid melakukan penilaian diri sendiri terkait
penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak Ian membaca hasil penilaian diri
tersebut.
Murid melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan temuan mereka dalam percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan melengkapi temuan mereka.
Dalam melakukan penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA,
Pak Adit menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur
kompetensi murid. Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak
Adit tidak sesuai dengan prinsip
Menyeluruh
kesesuaian fungsi umpan balik
adil
sederhana informatif
Perhatikan pernyataan di bawah ini
1. Dapat digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran.
2. Dapat digunakan untuk memetakan perkembangan proses belajar murid.
3. Dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan kualitas guru.
4. Dapat digunakan untuk bahan evaluasi diri guru dalam meningkatkan mutu
pembelajaran.
5. Dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar murid pada akhir proses
pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi asesmen adalah
1, 2, dan 5
1, 3, dan 4
1, 2, dan 4
2, 4, dan 5
Pak Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami
kaitan antara Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum
dengan asesmen.
Pak Dentje menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami
1.
Menelaah Capaian
Pembelajaran.
2.
Menurunkan capaian
pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
3.
Melakukan asesmen.
4.
Dari indikator asesmen
diturunkan menjadi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
5.
Menurunkan tujuan
pembelajaran menjadi indikator asesmen.
6.
Mendiagnosis penguasaan
murid dengan bantuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
7.
Menentukan intervensi
pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai urutannya adalah
1 - 2 - 5 - 3 - 4- 6 - 7
1 - 2 - 3 - 5 - 4 - 6 - 7
1 - 2 - 3 - 7 - 5 - 4 - 6
1 - 2 - 5 - 4 - 3 - 6 – 7
0 comments:
Posting Komentar