Kunci Jawaban Post Test MODUL 2 Dimensi Beriman, Bertakwa
Kepada Tuhan YME, Dan Berakhlak Mulia
1.
Pak Zamrud adalah guru
Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk
mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok,
yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut
pandangnya masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada blok lain.
Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan
elemen...
Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk
melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid
untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk
mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.
Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid
untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.
2.
Pelajar Indonesia adalah
pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Keimanan dan ketakwaan ini
terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada...
Dirinya dan sesama manusia
Dirinya, orang lain, dan alam
Dirinya, orang lain, hewan, dan tumbuhan
Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air
3.
Pada Dimensi beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen yang menguatkan hubungan
murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah elemen...
Akhlak beragama
Akhlak pribadi
Akhlak kepada sesama
Akhlak kepada alam
4.
Elemen akhlak kepada alam
dintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA.
Pertanyaan di atas adalah...
Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup
paling relevan dengan alam dan ekosistem
Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam
mengajak murid untuk menjaga lingkungan
Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan
alam sekitar
Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi
alam dan ekosistem
5.
Berikut adalah contoh
mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas, kecuali...
Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya
kelas
Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu
yang dihadapi murid
Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk
mengajarkan murid berempati
Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang
menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga
0 comments:
Posting Komentar