Kamis, 25 Januari 2024

Kunci Jawaban Post Test Modul 8 Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran

 


Kunci Jawaban Post Test Modul 8 Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran

1.       Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi...

Kreatif

Mandiri

Bernalar kritis

Berkebinekaan global

 

2.      1.    Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek

2.    Mata pelajaran yang berkaitan

3.    Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.

4.    Fase murid

5.    Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah

6.    Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat

Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...

1,2,3,4,5,6

1,2,3,4,6

1,3,4,6

1,2,3,6

 

3.       Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah...

Capaian Pembelajaran

Profil Pelajar Pancasila

Alur Tujuan Pembelajaran

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

 

4.       Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah....

Terintegrasi dalam program dan kegiatanekstrakurikuler

Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas

Termuat dalam visi misi sekolah

Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

5.       Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek.

Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi ...

Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam projeknya

Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara

Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek

T idak ada jawaban yang benar

0 comments:

Posting Komentar