Kunci
Jawaban Post Test Modul Berpikir Kritis Dan Menyelesaikan Masalah
1.
Seorang
guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba
untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang
diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan
sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap
sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para
peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi
terhadap sebuah peristiwa yang sama.
Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin
dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …
A.
Pelan-pelan dan berefleksi
B.
Terbuka terhadap sudut pandang lain
C.
Antisipasi berbagai dampak
D.
Bertanggung jawab terhadap keputusan
2.
Saat
sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam
organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan
antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta
didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan
secara langsung kepada gurunya.
Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan
penerapan pertanyaan refleksi …
A.
Apa yang saya pelajari?
B.
Apa yang saya sudah mengerti?
C.
Apa yang saya belum mengerti?
D.
Bagaimana supaya saya mengerti?
3.
Seorang
peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling
mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya
lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar
peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya
giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan
pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali
…
A.
Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan
dapat diuji langsung di laboratorium?
B.
Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk
mendiskusikan materi pelajaran bersama?
C.
Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?
D.
Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?
4.
Langkah
problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi
yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …
A.
Menggagas alternatif solusi
B.
Menimbang alternatif solusi
C.
Mengimplementasi solusi
D.
Mengevaluasi solusi
0 comments:
Posting Komentar