Post
Test Penggunaan Hasil Asesmen Menyiapkan Asesmen SMP - SMA/SMK/ Paket B-C
- Soal 1 dari 8
Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses
belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.
Benar.
Salah.
Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data ....
Asesmen formatif
Asesmen sumatif
Asesmen formatif dan sumatif
Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif bergantung pada pertimbangan satuan pendidikan
Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa
kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan
belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
Benar
Salah
Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas XI pada mata
pelajaran Kimia di awal tahun ajaran baru berikut.
- Mayoritas murid sudah memahami cara
jenis dan cara menuliskan reaksi kimia.
- Mayoritas murid sudah memahami teori
hukum dasar kimia.
- Mayoritas murid tidak bisa menyelesaikan
studi kasus aplikasi hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai
terkait hasil asesmen tersebut?
Mengubah rencana pembelajaran di awal untuk beberapa
pertemuan menjadi berfokus pada penerapan.
Bisa memulai pembelajaran di fase F karena sebagian besar
murid sudah memahami konsep dasar. Bagi murid yang belum memahami diberikan
latihan tambahan.
Masuk memulai pembelajaran di fase F dan memberikan murid
bahan ajar-bahan ajar tambahan mengenai penerapan ilmu kimia untuk murid
pelajari secara mandiri.
Bisa memulai pembelajaran di fase F dan mencoba mengundang narasumber kimia ke sekolah untuk menjelaskan penerapan hukum kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir
semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar
anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena
mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif
untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya.
Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor.
Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak
Karsan terapkan di sekolahnya?
Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang
tua saat pembagian rapor
Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan
pembagian rapor
Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor
Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1.
Kesalahan dalam belajar
itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka
kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
2.
Belajar bukan tentang
pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara
mendalam, tetapi tentang kecepatan.
3.
Ekspektasi guru yang
positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
4.
Setiap murid itu sama,
memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan
teman-temannya.
5.
Pengkondisian lingkungan
belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian
hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir
bertumbuh?
1 dan 3
2 dan 4
3 dan 5
2 dan 3
1 dan 5
Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi
buatanmu?
Murid: "Hmm... judul?
Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui
topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu
sampaikan?
Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
Klarifikasi-X
Nilai-X
Perhatian
Saran
Apresiasi-X
Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....
Capaian Pembelajaran
Alur tujuan pembelajaran
Poin penting dari materi yang sudah diberikan
Semua benar
0 comments:
Posting Komentar