Kunci
Jawaban Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila SMK Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil
Pancasila
1. Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang
merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh
pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali....
A. Menetapkan satu hari dalam seminggu sebagai hari pengerjaan
projek
B. Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak
ada tanggal tetap
C. Menetapkan waktu dengan sistem blok untuk pelaksanaan projek
D. Menetapkan beberapa hari dalam satu minggu sebagai waktu
pelaksanaan projek.
2. Bagaimana peran projek sebagai
asesmen?
A. Projek dapat memberikan pengalaman kepada murid
B. Dengan kegiatan berprojek dapat terlihat ketercapaian
perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja.
C. Projek menghubungkan murid dengan dunia nyata
D. Dalam projek, murid merasa memiliki penuh akan aktivitas yang
dilakukannya
3. Ketika konsep pembelajaran
berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%) dan pembelajaran
berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas
disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?/
A. Tahap Awal
B. Tahap Berkembang
C. Tahap Lanjutan .
D. Dapat bebas memilih tahapan
4. Setiap pemangku kepentingan
mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan
pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang
bepengaruh dalam projek.
Pernyatan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
5. Bu Loli sedang bingung
memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu,
tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup
Berkelannjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu
loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan"
sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan
Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang
dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di
atas?
A.
Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam
kegiatan projek, sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat
diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olah raga rutin, diskusi
personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman
sosial-emosional.
B. Bertanya pada mitra terdekat seperti pengawas dan kepala dinas
untuk menentukan tema
C. Melakukan observasi dan pemeriksaan pencapaian murid, lalu
membagi murid dikelas untuk melakukan projek dengan "Gaya Hidup
Berkelanjutan" dan "Bangunlah Jiwa dan Raganya" sesuai peminatan
dari hasil observasi
D. Semua benar
0 comments:
Posting Komentar