Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Asesmen SD/Paket A
Post
Test Modul 1 Memahami Asesmen
Soal
1 dari 12
1.
Pak
Ian ingin mengetahui pencapaian hasil belajar muridnya di materi IPA. Ia juga
ingin melihat kekuatan dan kelemahan belajar pada murid.
Manakah asesmen di bawah ini yang dapat
dilakukan oleh Pak Ian?
A.
Murid
mengerjakan proyek IPA kemudian Pak Ian memeriksa dan menilai produk akhir yang
dihasilkan dari proyek yang dikerjakan.
B.
Murid
mengerjakan soal kuis IPA melalui aplikasi, kemudian Pak Ian memberikan umpan
balik agar murid melakukan perbaikan.
C. Murid melakukan
penilaian diri sendiri terkait penguasaannya terkait materi IPA kemudian Pak
Ian membaca hasil penilaian diri tersebut.
D.
Murid
melakukan penilaian antarteman saat mempresentasikan temuan mereka dalam
percobaan IPA, kemudian murid saling memperbaiki dan melengkapi temuan mereka.
2.
Bu
Alda akan melakukan tes untuk kemampuan menulis cerpen . Untuk tes tersebut,
sebaiknya Bu Alda menggunakan instrumen asesmen ….
A.
Catatan
anekdotal
B. Rubrik
C.
Tabel
ceklis
D.
Lembar
pengamatan
3.
Dalam
melakukan penilaian hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Pak Adit
menggunakan tes tertulis sebagai satu-satunya alat ukur untuk mengukur
kompetensi murid. Berdasarkan prinsip penilaian, penilaian yang dilakukan Pak
Adit tidak sesuai dengan prinsip
A.
Menyeluruh
B.
kesesuaian
fungsi umpan balik
C. adil
D.
sederhana
informatif
4.
Penyataan
yang benar mengenai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah
A.
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran akan sama untuk semua guru dan semua murid.
B.
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi standar minumum yang harus dicapai
setiap murid.
C. Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan sumber informasi bagi guru untuk
menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi murid.
D.
Kriteria
ketercapaian tujuan pembelajaran tidak berkaitan dengan aktivitas selama proses
pembelajaran dan strategi asesmen yang akan dilakukan.
5.
Asesmen
yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas
adalah
A.
asesmen
formatif
B.
asesmen
sumatif
C. asesmen
diagnostik
D.
asesmen
diri
6.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1. Dapat digunakan sebagai umpan balik
perbaikan pembelajaran.
2. Dapat digunakan untuk memetakan
perkembangan proses belajar murid.
3. Dapat digunakan sebagai alat untuk
menentukan kualitas guru.
4. Dapat digunakan untuk bahan evaluasi
diri guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
5. Dapat digunakan untuk mengetahui
hasil belajar murid pada akhir proses pembelajaran saja.
Pernyataan yang tepat terkait fungsi
asesmen adalah
A.
1,
2, dan 5
B.
1,
3, dan 4
C. 1, 2, dan 4
D.
2,
4, dan 5
7.
Pak
Didi akan melakukan asesmen untuk tujuan pembelajaran berikut:
Menyajikan hasil percobaan pemanfaatan
gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar.
Teknik asesmen yang tepat untuk
digunakan oleh Pak Didi adalah
A.
melakukan
observasi mengenai perkembangan pengetahuan murid mengenai gaya dan gerak.
B.
menggunakan
tes tertulis pilihan ganda untuk mengetahui pemahaman murid mengenai
pemanfaatan gaya dan gerak.
C. melakukan projek
mengenai pemanfaatan gaya dan gerak disertai laporan pelaksanaan projek.
D.
melakukan
tes presentasi mengenai jenis-jenis gaya.
8.
Peran
asesmen dalam implementasi kurikulum di kelas adalah
A.
Untuk
memberikan informasi kepada kepala sekolah mengenai kualitas pembelajar yang
terjadi di sekolah
B.
Menstimulus
pola pikir kritis murid untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
C.
Meningkatkan
kemampuan guru dalam mengecek hasil akhir pencapaian murid
D. Membantu guru
untuk menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
9.
Pak
Dentje adalah seorang guru baru. Ia masih kesulitan untuk memahami kaitan
antara Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum dengan
asesmen.
1) Pak Dentje
menuliskan langkah-langkah agar dapat membantu ia memahami
2) Menelaah Capaian
Pembelajaran.
3) Menurunkan
capaian pembelajaran menjadi alur tujuan pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
4) Melakukan
asesmen.
5) Dari indikator
asesmen diturunkan menjadi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
6) Menurunkan
tujuan pembelajaran menjadi indikator asesmen.
7) Mendiagnosis
penguasaan murid dengan bantuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
8) Menentukan
intervensi pembelajaran yang sesuai.
Langkah-langkah yang tepat dan sesuai
urutannya adalah
A. 1 - 2 - 5 - 3 -
4- 6 - 7
B. 1 - 2 - 3 - 5 -
4 - 6 - 7
C. 1 - 2 - 3 - 7 -
5 - 4 - 6
D. 1 - 2 - 5 - 4 -
3 - 6 - 7
10.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1) Untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan dan pemahaman diri terkait materi tertentu.
2) Untuk
merencanakan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya.
3) Untuk mengetahui
sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran pada periode tertentu.
4) Untuk mengetahui
nilai capaian belajar anak.
5) Untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan belajar setiap individu.
6) Untuk
merencanakan pola pendampingan belajar yang perlu dilakukan.
Fungsi asesmen sumatif bagi guru adalah
…
A.
1
dan 4
B. 2 dan 3
C.
4
dan 6
D.
1
dan 5
11.
Asesmen
sebagai proses belajar bertujuan untuk
A.
sarana
refleksi bagi murid terkait pencapaian diri terhadap capaian pembelajaran.
B.
melakukan
penilaian akhir capaian pembelajaran murid.
C.
mendapatkan umpan balik bagi guru untuk memperbaiki
pembelajaran di tema berikutnya.
D.
melakukan
pengecekan minat.
12.
Asesmen
hanya digunakan sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses
pembelajaran yang telah berlangsung
A.
Benar
B. Salah
0 comments:
Posting Komentar