Jumat, 26 Juli 2024

Kunci Jawaban Modul 2 : Manakah berikut ini yang tidak termasuk kepada prinsip pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik?

     

Kunci Jawaban Modul 2 : 

1. Manakah berikut ini yang tidak termasuk kepada prinsip pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik?

A. membangun hubungan positif dengan peserta didik

B. guru memberikan teladan positif bagi peserta didik

C. merencanakan pembelajaran dengan sangat teliti dan menaati rencana yang telah dibuat

D. memberikan penghargaan terhadap peserta didik yang berperilaku positif

Kunci Jawaban : C. merencanakan pembelajaran dengan sangat teliti dan menaati rencana yang telah dibuat

2. Aksesibilitas merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan belajar yang aman, ramah, dan menyenangkan. Perhatian, kesempatan, dan perlakuan setara yang diperoleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk aksesibilitas …

A. fisik

B. non-fisik

C. akademik

D. non-akademik

Kunci Jawaban : B. non-fisik

3. Dalam kasus SD Makmur, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu diatasi dari kasus Dina, yaitu …

A. jumlah kamar mandi yang terbatas dan perundungan.

B. kurangnya perhatian orangtua dan jumlah guru yang kurang memadai.

C. jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta perundungan

D. perhatian guru dan jumlah guru-peserta didik yang kurang berimbang

Kunci Jawaban : C. jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta perundungan

4. Adanya rutinitas harian di satuan pendidikan memudahkan peserta didik dan guru karena …

A. memfasilitasi kolaborasi antar kelas di satuan pendidikan.

B. menjadi salah satu pembiasaan positif yang menciptakan struktur dalam keseharian di sekolah.

C. dasar pemberian sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan.

D. membantu peserta didik melepaskan emosi negatif yang mereka mungkin bawa dari rumah agar dapat belajar dengan lebih tenang.

5. Di sebuah kelas, terdapat peserta didik yang terus mendapatkan nilai rendah di pelajaran matematika. Ia sering melamun dan mencoret-coret tanpa makna di buku latihan Matematika. Apa yang sebaiknya dilakukan guru terhadap peserta didik ini?

A. melakukan asesmen kemampuan Matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai

B. mengingatkan peserta didik tersebut agar berusaha lebih giat termasuk belajar di rumah dengan bantuan orang tuanya atau lembaga les privat

C. memberikan soal-soal latihan yang lebih banyak sebagai bahan latihan saat jam istirahat atau sepulang sekolah

D. meminta dukungan orang tua agar menyediakan guru pendamping khusus bagi peserta didik yang bersangkutan

Kunci Jawaban : A. melakukan asesmen kemampuan Matematika (numerasi) untuk mengetahui apakah tingkat kesulitan materi pembelajarannya sudah sesuai

6. Perhatikan pernyataan berikut!

1) membangun kolaborasi dalam pembelajaran yang kondusif

2) memberikan konsekuensi terhadap tingkah laku peserta didik yang tidak diharapkan

3) memudahkan pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif

4) memudahkan peserta didik untuk selalu mempelajari apa yang mereka inginkan

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk kepada manfaat dari pentingnya pengelolaan kelas yang berpusat pada peserta didik adalah …

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

Kunci Jawaban : B. 1 dan 3

0 comments:

Posting Komentar