Kunci
Jawaban Pelatihan Mandiri Post test
topik Peningkatan Praktik Kinerja
Hal
berikut yang perlu dihindari dalam menciptakan diskusi yang konstruktif
adalah….
A.
Memberikan
dukungan pada komitmen
B.
Mendorong
rencana tindak lanjut dibuat oleh guru
C.
Memandu
diskusi dengan dominan
D.
Membangun
suasana nyaman
Kunci Jawaban : C. Memandu diskusi dengan dominan
Apa
yang akan terjadi jika kepala sekolah terlalu banyak bicara atau menasehati
guru saat sesi umpan balik?
A.
Guru
bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.
B.
Guru
kesulitan mengidentifikasi pembelajaran yang sudah berjalan baik dan masih
harus diperbaikinya.
C.
Guru
tidak memiliki rencana aksi perbaikan yang jelas dan spesifik.
D.
Tercapainya
tujuan observasi kinerja sebagai bahan refleksi guru.
Kunci Jawaban : A. Guru bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.
1)
Penyampaian
tujuan dilakukan di awal agar persepsi umpan balik antara kepala sekolah dan
guru sama.
2)
Diskusi
pasca observasi adalah untuk mendorong guru berefleksi mengenai target perilaku
yang diobservasi, umpan balik dari kepala sekolah, serta menentukan tindak
lanjut yang diperlukan.
Berikut
jawaban yang tepat mengenai pernyataan di atas adalah ...
A.
Pernyataan
1 benar, pernyataan 2 salah
B.
Pernyataan
1 salah, pernyataan 2 benar
C.
Keduanya
benar
D.
Keduanya
salah
Kunci Jawaban : C. Keduanya benar
Hal
yang perlu diterapkan ketika melakukan diskusi pasca observasi pada rekan guru
adalah….
A.
Menginformasikan
daftar catatan perilaku yang diamati
B.
Menggunakan
paradigma berpikir coaching
C.
Meminta
hasil refleksi tertulis
D.
Menggunakan
pendekatan persuasif
Kunci Jawaban : B. Menggunakan paradigma berpikir coaching
Umpan
balik seperti apakah yang mengakibatkan guru kesulitan merencanakan aksi
perbaikan yang jelas dan spesifik?
A.
“Hal
apa saja yang menurut Bapak sudah baik dalam proses pembelajaran tadi?”
B.
“Ya…
Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan
saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”
C.
“Ide-ide
apa saja yang memungkinkan Bapak lakukan untuk menyelesaikan hal-hal yang
menghambat dalam proses pembelajaran tadi?”
D.
“Kapan
rencananya Ibu akan melaksanakan langkah-langkah perbaikan tadi?”
Kunci
Jawaban : B. “Ya…
Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan
saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”
“Apa
lagi Bu yang bisa saya bantu untuk menindaklanjuti hasil umpan balik kita?”
Pertanyaan
di atas bisa digunakan kepala sekolah untuk ...
A.
Mencari
tempat yang tenang dan nyaman untuk diskusi secara personal.
B.
Menawarkan
dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.
C.
Menyampaikan
kekurangan guru dalam praktik mengajar di kelas.
D.
Menyepakati
waktu pemberian umpan balik sesegera mungkin setelah observasi kinerja.
Kunci Jawaban : B. Menawarkan dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.
Ketika
mendengarkan rencana tindak lanjut guru, kepala sekolah sebaiknya….
A.
Membantu
menyusun rencana
B.
Menggiring
pada rencana yang sudah disiapkan
C.
Memberikan
dukungan pada komitmen yang dibuat
D.
Memberikan
opsi rencana tindak lanjut
Kunci
Jawaban : C. Memberikan
dukungan pada komitmen yang dibuat
0 comments:
Posting Komentar