Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Murid
Saat menarasikan kondisi ideal dari yang kita impikan, kita berada dalam tahap...
a. Define
b. Dream
c. Discover
d. Design
Kunci Jawaban : b. Dream
Seorang dengan paradigma berpikir aset, melihat sekelilingnya sebagai...
a. Peluang
b. Masalah
c. Kekurangan
d. A dan b benar
Kunci Jawaban : a. Peluang
Sekolah memiliki guru yang inovatif dan kreatif merupakan bentuk modal...
a. Finansial
b. Lingkungan
c. Sumber daya manusia
d. Sosial
Kunci Jawaban : c. Sumber daya manusia
Bandura (1997) juga menegaskan bahwa memberikan murid pilihan akan meningkatkan…
a. Motivasi dan otonomi murid
b. Kolaborasi dan kreatifitas murid
c. Kecerdasan dan keterampilan murid
d. Keaktifan dan daya lenting murid
Kunci Jawaban : a. Motivasi dan otonomi murid
Kepala Sekolah dan tenaga pendidik harus menyadari pentingnya peran komunitas-komunitas karena dapat menjadi ruang bagi peserta didik menyampaikan suara pilihan dan kepemilikan mereka. Contoh pelibatan komunitas tersebut, kecuali…
a. Melibatkan lingkungan sekitar dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat yang digagas oleh peserta didik
b. Melibatkan partai politik untuk mengkampanyekan visi partainya
c. Melibatkan media untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan berbagai aksi inisiatif murid yang berdampak bagi komunitas
d. Melibatkan pemuka agama dan berbagai kegiatan keagamaan untuk mengembangkan sikap toleransi dan keterbukaan
Kunci Jawaban : b. Melibatkan partai politik untuk mengkampanyekan visi partainya
Pendekatan berpikir berbasis aset/kekuatan merujuk pada konsep teori...
a. Restitusi
b. Student Agency
c. Inkuiri apresiatif
d. Tidak ada yang benar
Kunci Jawaban : c. Inkuiri apresiatif
Tahap memutuskan apa dan siapa saja yang terlibat adalah...
a. Define
b. Dream
c. Discover
d. Deliver
Kunci Jawaban : c. Discover
Modal manusia berkaitan dengan...
a. Pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
b. Peningkatan kualitas guru.
c. Pembentukan sikap warga sekolah.
d. Kebijakan yang mempengaruhi sumber daya di lingkungan sekolah.
Kunci Jawaban : b. Peningkatan kualitas guru.
Perhatikan pernyataan berikut!
1. Mengajak peserta didik mengatur tata kelas mereka sendiri.
2. Melakukan penilaian diri sendiri (self assessment).
Kegiatan-kegiatan di atas adalah upaya dalam mendorong aspek…
a. Suara
b. Pilihan
c. Kepemilikan
d. Kepemimpinan murid (student agency)
Kunci Jawaban : c. Kepemilikan
Mengapa konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid dapat membantu kepala sekolah menajamkan setiap ide ketika merancang sebuah program yang berdampak pada murid?
a. Karena kepala sekolah dapat menggunakan konsep ini dalam proses pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan murid.
b. Karena kepala sekolah dapat menentukan di mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dapat didorong.
c. Karena konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid akan lebih memberdayakan murid.
d. Karena murid akan lebih bertanggung jawab atas keberhasilan pembelajarannya.
Kunci Jawaban : c. Karena konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid akan lebih memberdayakan murid.
0 comments:
Posting Komentar