Kunci Jawaban Pendidikan Berjenjang Pendidikan Inklusi Dasar
Dalam
kasus SD Makmur, Dina kemungkinan besar merasa lingkungan belajarnya tidak
aman, ramah, dan menyenangkan. Setidaknya ada 2 permasalahan utama yang perlu
diatasi dari kasus Dina, yaitu …
a.
jumlah
kamar mandi yang terbatas dan perundungan.
b.
kurangnya
perhatian orangtua dan jumlah guru yang kurang memadai.
c.
jumlah
peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas yang ada serta
perundungan
d.
perhatian
guru dan jumlah guru-peserta didik yang kurang berimbang
Kunci
Jawaban c .jumlah peserta didik yang kurang berimbang dengan jumlah ruang kelas
yang ada serta perundungan
Aksesibilitas
merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan belajar yang aman, ramah,
dan menyenangkan. Perhatian, kesempatan, dan perlakuan setara yang diperoleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran termasuk aksesibilitas …
a.
fisik
b.
non-fisik
c.
akademik
d.
non-akademik
Kunci
Jawaban : b. non-fisik
Pada
saat merencanakan pembelajaran, Bu Ceria menggunakan informasi berkenaan dengan
perkembangan peserta didik. Beberapa diantaranya memiliki hambatan intelektual.
Informasi perkembangan dan hambatan belajar dilakukan dari kegiatan …
a.
asesmen
belajar
b.
identifikasi
peserta didik
c.
test
awal pembelajaran
d.
masa
pengenalan lingkungan belajar
Kunci
Jawaban : b. identifikasi peserta didik
Cerita
Aldi & Pak Budi
Berapa
jumlah ketiga kelompok ini? Tanya pak Budi sambil menunjuk gambar di papan dan
memberikan sedikit waktu kepada Aldi untuk menjawab.
“24,
Pak,” jawab Aldi.
“Bagaimana,
apakah betul 24?” Tanya pak Budi kepada semua peserta didik di kelas?
“Betul,
Pak,” sahut mereka.
“Bagus,
Aldi, yang sudah menghitung dengan lebih teliti. Terima kasih semua yang
membantu” puji Pak Budi.
“Anak-anak
ingat ya, bahwa perkalian itu merupakan penjumlahan yang berulang. Coba nanti
kalian kembali berlatih perkalian, ya karena kita akan banyak menggunakan
perkalian dalam kehidupan sehari-hari,” Pak Budi mengingatkan sebelum
melanjutkan penjelasan.
Dalam
cerita Aldi dan pak Budi, mengapa pak Budi tidak segera memberikan kesempatan
kepada peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan?
Ia
ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika menghitung lebih
teliti
Ia
ingin membuktikan dugaannya bahwa Aldi perlu berlatih perkalian lebih banyak
Ia
berusaha meyakinkan semua peserta didik bahwa soal itu sangat mudah
Ia
Ingin mendapat kesempatan memuji Aldi di depan teman sekelasnya
Kunci
Jawaban : a. Ia ingin mengembalikan kepercayaan diri Aldi bahwa ia bisa jika
menghitung lebih teliti
Terkadang
sebagian peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini
disebabkan oleh faktor-faktor berikut, kecuali …
Tugas
yang diberikan seragam untuk semua peserta didik
Jarak
antara apa yang diketahui peserta didik dengan apa yang dipelajari terlalu jauh
Peserta
didik belum memiliki kemampuan awal yang tepat untuk dapat mengikuti
pembelajaran
Pendidik
menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang akan diajarkan
Kunci
Jawaban : d. Pendidik menelusuri kemampuan awal peserta didik untuk materi yang
akan diajarkan
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
membangun kolaborasi dalam pembelajaran yang kondusif
2.
memberikan konsekuensi terhadap tingkah laku peserta didik yang tidak
diharapkan
3.
memudahkan pendidik memfasilitasi pembelajaran yang efektif
4.
memudahkan peserta didik untuk selalu mempelajari apa yang mereka inginkan
Dari
pernyataan tersebut, yang termasuk kepada manfaat dari pentingnya pengelolaan
kelas yang berpusat pada peserta didik adalah …
a.
1
dan 2
b.
1
dan 3
c.
2
dan 3
d.
2
dan 4
Kunci
Jawaban : b. 1 dan 3
Pernahkah
Ibu/ Bapak diajak kepala sekolah dalam merumuskan dan menetapkan tujuan
program-program sekolah? Menurut Ibu /Bapak, mengapa semua warga sekolah perlu
terlibat dalam merumuskan tujuan program-program sekolah?
a.
Untuk
memunculkan kesadaran bahwa semua orang memiliki peran penting dalam setiap
program yang disusun.
b.
Untuk
pemerataan informasi sekolah ke semua pihak.
c.
Untuk
mencapai tujuan program yang telah dirancang.
d.
Untuk
mengoptimalkan tugas kepala sekolah.
Kunci
Jawaban : a. Untuk memunculkan kesadaran bahwa semua orang memiliki peran
penting dalam setiap program yang disusun.
Mengapa
pada beberapa satuan pendidikan, sulit untuk menumbuhkan budaya kolaborasi?
a.
Karena
setiap unsur yang ada di sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing.
b.
Karena
seringkali setiap unsur di sekolah memiliki beban kerja yang tinggi sehingga
mereka lebih fokus untuk menyelesaikan tugas masing-masing.
c.
Karena
tidak semua kepala sekolah memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
d.
Karena
adanya komunikasi efektif dari semua unsur di sekolah.
Kunci
Jawaban : Karena seringkali setiap unsur di sekolah memiliki beban kerja yang
tinggi sehingga mereka lebih fokus untuk menyelesaikan tugas masing-masing.
Mengapa
perlu melakukan kolaborasi dalam dunia pendidikan ?
a.
Karena
pendidikan adalah upaya sosial bukan upaya individu sehingga membutuhkan
keterlibatan banyak pihak.
b.
Karena
mendidik anak sangat sulit sehingga membutuhkan kesabaran dan sumber daya
berlimpah.
c.
Karena
pendidikan menjadi tanggung jawab semua unsur dalam satuan pendidikan.
d.
Karena
orang tua tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak.
Kunci
Jawaban : c. Karena pendidikan menjadi tanggung jawab semua unsur dalam satuan
pendidikan.
Bentuk
bentuk kolaborasi apa yang paling tepat dapat dilakukan oleh guru untuk
mengatasi masalah peserta didik yang belum mampu membaca?
a.
Kolaborasi
dengan guru lain dalam mengembangkan program membaca.
b.
Kolaborasi
dengan dinas pendidikan untuk meningkatkan kompetensi pendidik.
c.
Kolaborasi
dengan teman sebaya untuk mengajarkan membaca dan berhitung.
d.
Kolaborasi
dengan komite sekolah dalam penyediaan sumber daya yang dibutuhkan.
Kunci
Jawaban : a. Kolaborasi dengan guru lain dalam mengembangkan program membaca.
Bu
Nanda telah melakukan segala upaya agar Alika dapat membaca dan berhitung.
Namun usaha yang telah dilakukan masih belum mendapatkan hasil. Bu Nanda merasa
ia telah gagal menjadi guru. Untuk mengatasi masalah Alika siapa saja yang
perlu diajak Bu Nanda untuk berkolaborasi?
a.
Guru,
orang tua, dan masyarakat.
b.
Guru,
orang tua, dan teman sebaya.
c.
Guru,
kepala sekolah, dan masyarakat.
d.
Orang
tua, masyarakat, dan dinas pendidikan.
Kunci
Jawaban : b. Guru, orang tua, dan teman sebaya.
Di
kelas Pak Maman kelas 4A, terdapat satu peserta didik penyandang hambatan fisik
sehingga dia harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas.
Dari
kasus di atas berdasarkan alur kolaborasi langkah berikutnya yang perlu
dilakukan oleh Pak Maman adalah ... .
a.
Mengidentifikasi
unsur terkait yang dapat dilibatkan
b.
Menentukan
target keberhasilan sekolah terhadap peserta didik
c.
Menentukan
tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak
d.
Merumuskan
tujuan kolaborasi
Kunci Jawaban : a. Mengidentifikasi unsur terkait yang dapat dilibatkan
0 comments:
Posting Komentar