Jumat, 16 Agustus 2024

Kunci Jawaban Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 



Kunci Jawaban Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

Post Test

1.       Buku memiliki sifat sebagai cermin, artinya .…

A.      Membantu anak-anak mengembangkan pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.

B.      Membantu anak-anak mengembangkan kreativitas

C.      Membantu anak-anak memahami adat, budaya, nilai, dan tradisi setempat.

D.      Membantu anak-anak berfikir kritis dan peka

2.       Pak Deni duduk dan mendengarkan peserta didiknya membaca beberapa kalimat, kemudian Pak Deni menghitung kesalahan yang dibuat tanpa sepengetahuan peserta didiknya. Berdasarkan hasil perhitungan, Pak Deni kemudian mengarahkan peserta didiknya untuk memilih buku yang sesuai. Langkah apa yang diterapkan oleh Pak Deni?

A.      Tes diagnostik

B.      Peraturan 5 jari

C.      Asesmen pemahaman membaca

D.      Tes membaca permulaan

3.       Berikut adalag beberapa cara bagi pendidik untuk membantu peserta didik memilih buku yang tepat, kecuali..

A.      Menerapkan aturan 5 jari

B.      Menerapkan tes diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik

C.      Menganjurkan peserta didik untuk melihat halaman sampul dan membuka halaman buku

D.      Mengelompokan buku - buku bacaan berdasarkan kategori - kategori tertentu.

4.       Aturan 5 jari adalah panduan sederhana yang dapat digunakan oleh pendidik apakah buku-buku yang dibaca peserta didik terlalu sulit atau terlalu mudah.

A.      Benar

B.      Salah

5.       Buku yang peserta didik akan bacaadalah buku yang kita pikirkan peserta didik akan baca. Pernyataan di atas adalah…

A.      Benar

B.      Salah

6.       Adi dan Dina adalah teman dekat. Adi baru bisa membaca suku kata sederhana, sementara Dina sudah bisa membaca lebih lancar dibanding peserta didik seusianya. Buku jenjang apa yang bisa disarankan untuk mereka?

A.      Adi dan Dina membaca buku jenjang sama, yaitu B2

B.      Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang B1

C.      Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang C

D.      Adi dan Dina membaca buku jenjang C

7.       Pendidik dapat menerapkan aturan 5 jari apabila menemukan peserta didik yang berada dalam kondisi di bawah ini, kecuali ….

A.      Peserta didik tampak membolak-balikkan buku terlalu cepat dan hanya melihat gambarnya saja

B.      Peserta didik membutuhkan waktu yang lama untuk memilih buku untuk dibaca

C.      Peserta didik tampak memilih buku dengan tema tertentu saja

D.      Peserta didik berganti buku terlalu sering

8.       Berikut ini cakupan jenjang yang biasanya dibaca oleh anak-anak SD?

A.      B1, dan B2

B.      A, B1, B2, dan B3

C.      A-C

D.      A-D

9.       Buku non-teks yang berisi tentang pengenalan warna atau hari termasuk ….

A.      Fiksi

B.      Cerita anak

C.      Konsep sederhana

D.      Fiksi-realis

10.   Dina sudah bisa membaca teks dalam bentuk paragraf dalam satu wacana. Dina bisa disarankan untuk membaca buku jenjang …

A.      A

B.      B1

C.      B2

D.      C

11.   Anak mempunyai kecenderungan memilih buku. Mana yang mungkin lebih dipilih anak?

A.      Buku roman fiksi

B.      Buku konsep sederhana

C.      Buku cara menulis jurnal

D.      Buku sejarah

Pelatihan Mandiri | Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 

0 comments:

Posting Komentar