Kunci Jawaban Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]
Post Test
1.
Buku memiliki sifat sebagai cermin, artinya .…
A.
Membantu anak-anak mengembangkan
pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda. √
B.
Membantu anak-anak mengembangkan kreativitas
C.
Membantu anak-anak memahami adat, budaya, nilai,
dan tradisi setempat.
D.
Membantu anak-anak berfikir kritis dan peka
2.
Pak Deni duduk dan mendengarkan peserta didiknya
membaca beberapa kalimat, kemudian Pak Deni menghitung kesalahan yang dibuat
tanpa sepengetahuan peserta didiknya. Berdasarkan hasil perhitungan, Pak Deni
kemudian mengarahkan peserta didiknya untuk memilih buku yang sesuai. Langkah
apa yang diterapkan oleh Pak Deni?
A.
Tes diagnostik
B.
Peraturan 5 jari √
C.
Asesmen pemahaman membaca
D.
Tes membaca permulaan
3.
Berikut adalag beberapa cara bagi pendidik untuk
membantu peserta didik memilih buku yang tepat, kecuali..
A.
Menerapkan aturan 5 jari
B.
Menerapkan tes diagnostik untuk
mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik √
C.
Menganjurkan peserta didik untuk melihat halaman
sampul dan membuka halaman buku
D.
Mengelompokan buku - buku bacaan berdasarkan
kategori - kategori tertentu.
4.
Aturan 5 jari adalah panduan sederhana yang
dapat digunakan oleh pendidik apakah buku-buku yang dibaca peserta didik
terlalu sulit atau terlalu mudah.
A.
Benar √
B.
Salah
5.
Buku yang peserta didik akan bacaadalah buku
yang kita pikirkan peserta didik akan baca. Pernyataan di atas adalah…
A.
Benar
B.
Salah √
6.
Adi dan Dina adalah teman dekat. Adi baru bisa
membaca suku kata sederhana, sementara Dina sudah bisa membaca lebih lancar
dibanding peserta didik seusianya. Buku jenjang apa yang bisa disarankan untuk
mereka?
A.
Adi dan Dina membaca buku jenjang sama, yaitu B2
B.
Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca
buku jenjang B1 √
C.
Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku
jenjang C
D.
Adi dan Dina membaca buku jenjang C
7.
Pendidik dapat menerapkan aturan 5 jari apabila
menemukan peserta didik yang berada dalam kondisi di bawah ini, kecuali ….
A.
Peserta didik tampak membolak-balikkan buku
terlalu cepat dan hanya melihat gambarnya saja
B.
Peserta didik membutuhkan waktu yang lama untuk
memilih buku untuk dibaca
C.
Peserta didik tampak memilih buku dengan
tema tertentu saja √
D.
Peserta didik berganti buku terlalu sering
8.
Berikut ini cakupan jenjang yang biasanya dibaca
oleh anak-anak SD?
A.
B1, dan B2 √
B.
A, B1, B2, dan B3
C.
A-C
D.
A-D
9.
Buku non-teks yang berisi tentang pengenalan
warna atau hari termasuk ….
A.
Fiksi
B.
Cerita anak
C.
Konsep sederhana √
D.
Fiksi-realis
10.
Dina sudah bisa membaca teks dalam bentuk
paragraf dalam satu wacana. Dina bisa disarankan untuk membaca buku jenjang …
A.
A
B.
B1
C.
B2 √
D.
C
11.
Anak mempunyai kecenderungan memilih buku. Mana
yang mungkin lebih dipilih anak?
A.
Buku roman fiksi
B.
Buku konsep sederhana √
C.
Buku cara menulis jurnal
D.
Buku sejarah
Pelatihan Mandiri | Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan
Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]
0 comments:
Posting Komentar