Sabtu, 17 Agustus 2024

Pelatihan Mandiri Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 

Pelatihan Mandiri  Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

1.       Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….

Jawaban: Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca

2.       Cara memajang buku di rak sudut baca adalah

Jawaban: Sampul menghadap ke depan

3.       Bahan kaya bacaan yang baik adalah ….

Jawaban: Dibuat oleh peserta didik berdasarkan buku yang telah dibaca

4.       Berikut ini pernyataan mengenai peraturan sudut baca yang tidak benar

Jawaban: Dibuat agar anak-anak tidak melanggar aturan

5.       Informasi yang bisa didapatkan oleh pendidik mengenai perkembangan membaca peserta didiknya melalui jurnal membaca adalah ….

Jawaban: Minat baca dan buku-buku favorit peserta didik

6.       Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

7.       Jawaban: Benar

8.       Buku merupakan bintang pada saat kegiatan membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai ….

Jawaban: Buku merupakan bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik

9.       Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali

Jawaban: Mewarnai dari pola yang dibuat guru

10.   Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….

Jawaban: Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca

11.   Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

Jawaban: Benar

12.   Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….

Jawaban: Semua siswa

13.   Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk ….

Jawaban: Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku

14.   Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

Jawaban: Benar

15.   Durasi waktu peserta didik membaca mandiri perlu disampaikan sebelum kegiatan agar ….

Jawaban: Peserta didik memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa menyelesaikan bacaan

16.   Jurnal membaca bertujuan untuk

Jawaban: Mencatat informasi terkait dengan buku bacaan

17.   Kegiatan membaca nyaring bertujuan untuk ….

Jawaban: Menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik

18.   Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi dengan cara ….

Jawaban: Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan membaca Emi

19.   Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal ini?

Jawaban: Memfokuskan pada kelancaran membaca

 

Pelatihan Mandiri | Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 


0 comments:

Posting Komentar