Pelatihan Mandiri Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]
1. Guru
menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan
untuk ….
Jawaban: Memodelkan secara
eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca
2. Cara
memajang buku di rak sudut baca adalah
Jawaban: Sampul menghadap
ke depan
3. Bahan
kaya bacaan yang baik adalah ….
Jawaban: Dibuat oleh
peserta didik berdasarkan buku yang telah dibaca
4. Berikut
ini pernyataan mengenai peraturan sudut baca yang tidak benar
Jawaban: Dibuat agar
anak-anak tidak melanggar aturan
5. Informasi
yang bisa didapatkan oleh pendidik mengenai perkembangan membaca peserta
didiknya melalui jurnal membaca adalah ….
Jawaban: Minat baca dan
buku-buku favorit peserta didik
6. Buku-buku
di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam
kelas.
7. Jawaban:
Benar
8. Buku
merupakan bintang pada saat kegiatan membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan
sebagai ….
Jawaban: Buku merupakan
bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik
9. Berikut
ini aktivitas tindak lanjut yang dapat disarankan kepada peserta didik setelah
membaca, kecuali
Jawaban: Mewarnai dari
pola yang dibuat guru
10. Guru
menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan
untuk ….
Jawaban: Memodelkan secara
eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca
11. Buku-buku
di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam
kelas.
Jawaban: Benar
12. Pengecekan
buku perlu dilakukan berkala oleh ….
Jawaban: Semua siswa
13. Pada
saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu menyelesaikan beberapa halaman
pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang tersedia telah usai. Untuk itu
pendidik dapat membimbing Nina untuk ….
Jawaban: Mengisi jurnal
membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku
14. Buku-buku
di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam
kelas.
Jawaban: Benar
15. Durasi
waktu peserta didik membaca mandiri perlu disampaikan sebelum kegiatan agar ….
Jawaban: Peserta didik
memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa menyelesaikan bacaan
16. Jurnal
membaca bertujuan untuk
Jawaban: Mencatat
informasi terkait dengan buku bacaan
17. Kegiatan
membaca nyaring bertujuan untuk ….
Jawaban: Menciptakan
pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik
18. Emi
sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik
dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi dengan cara ….
Jawaban: Memberikan tugas
membaca mandiri sesuai dengan kemampuan membaca Emi
19. Setelah
melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa
peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap.
Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal ini?
Jawaban: Memfokuskan pada
kelancaran membaca
Pelatihan Mandiri | Post test
topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan
Inovasi - YLAI]
0 comments:
Posting Komentar