Minggu, 01 September 2024

Kunci Jawaban Post-Test PembaTIK Level 2 2024

 

Kunci Jawaban Post-Test PembaTIK Level 2 2024

1.       Contoh pelaksanaan evaluasi terhadap sasaran pembelajaran digital pada aspek input adalah ….
evaluasi pemanfaatan bahan belajar dan media

A.      evaluasi kondisi awal dan karakteristik peserta didik

B.      evaluasi hasil belajar portofolio peserta didik

C.      evaluasi oleh evaluator eksternal institusi

D.      evaluasi terhadap lulusan dan alumni

Kunci Jawaban : B

 

2.       Dalam merencanakan pembelajarannya, Pak Budi menginginkan peserta didiknya mendapatkan pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan dengan memanfaatkan perangkat TIK. Sehingga Pak Budi mencari sumber belajar digital di beberapa portal pendidikan diantaranya Rumah Belajar dan laman web https://www.abcya.com. Model pembelajaran yang akan diterapkan oleh Pak Budi di kelasnya adalah ….

A.      Station Learning

B.      Project Based Learning

C.      Game Based Learning

D.      Problem Based Learning

E.      Discovery-Inquiry Learning

Kunci Jawaban : C

 

3.       Pemanfaatan sumber belajar digital yang tepat pada tahapan model pembelajaran problem based learning adalah …..

A.      Menyajikan bahan tayang berupa video dari media sosial untuk memberikan gambaran nyata permasalahan yang diberikan

B.      Menyediakan pos pembelajaran digital untuk melakukan simulasi melalui fitur Laboratorium Maya di Rumah Belajar

C.      Mengakses fitur edugame pada Portal Rumah Belajar untuk memilih jenis permainan yang sesuai topik

D.      Memberikan tautan microsite yang berisi artikel, video, e-book sebagai referensi dalam menyusun perencanaan proyek

E.      Mengumpulkan data secara berkolaborasi dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar atau Video On Demand

Kunci Jawaban : A

 

4.       Bu Anita, seorang guru SD, ingin mengajarkan konsep pecahan kepada peserta didiknya. Ia menemukan beberapa konten di Portal Rumah Belajar, seperti video pembelajaran dan permainan interaktif. Bagaimana Bu Anita dapat mengoptimalkan penggunaan konten-konten ini dalam pembelajarannya?

A.      Menggunakan semua konten secara berurutan, mulai dari video, permainan, lalu latihan soal.

B.      Memilih satu konten yang paling menarik bagi peserta didiknya dan menggunakannya sepanjang pembelajaran.

C.      Menggunakan video sebagai pengantar, permainan untuk memperkuat konsep, dan evaluasi

D.      Membuat konten sendiri yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan mengabaikan konten yang ada di Portal Rumah Belajar.

E.      Meminta siswa memilih konten yang mereka sukai dan membiarkan mereka belajar secara mandiri.

Kunci Jawaban : C

 

5.       Implementasi pembelajaran digital tidak sekadar menghadirkan penggunaan perangkat teknologi dalam proses belajar tapi perlu metode pembelajaran yang relevan dengan kondisi riil, misalnya dalam bentuk ….

A.      menerapkan pembelajaran kolaboratif pemecahan masalah

B.      menggunakan aplikasi vicon untuk berdiskusi secara klasikal

C.      mengembangkan beragam media pembelajaran digital

D.      memanfaatkan aplikasi rapor hasil belajar digital

E.      menerapkan fitur pengisian daftar hadir pada kelas digital

Kunci Jawaban : A

 

6.       Pendekatan TPACK diperlukan guru dalam mengembangkan pembelajaran digital maupun salah satu subsistem di dalamnya. Apabila seorang guru sudah kompeten dalam merancang strategi dan mengelola pembelajaran dan menguasai substansi pelajaran dengan baik, maka unsur TPACK yang harus ditingkatkan guru tersebut adalah ….

A.      innovation knowledge

B.      curriculum knowledge

C.      content knowledge

D.      pedagogical knowledge

E.      technological knowledge

Kunci Jawaban : E

 

7.       Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengelolaan kelas terintegrasi TIK untuk pembelajaran kolaboratif adalah ….

A.      meminta umpan balik siswa

B.      mengidentifikasi situasi awal lingkungan belajar

C.      memilih platform pembelajaran yang sesuai

D.      meningkatkan kompetensi profesional penggunaan TIK

E.      memberikan motivasi dan apresiasi

Kunci Jawaban : B

 

8.       Setelah melakukan kegiatan awal pembelajaran, Ibu Indah memberikan contoh kasus/gambar/video tentang permasalahan kehidupan sehari-hari yang beliau dapat dari media sosial untuk memunculkan pertanyaan awal bagi murid. Hal yang dilakukan oleh Ibu Indah tersebut pada model pembelajaran project based learning merupakan tahapan ….

A.      Monitoring the students and progress of project

B.      Start with essential equation

C.      Design project

D.      Access the outcome

E.      Evaluation the experience

Kunci Jawaban : B

 

9.       Pendekatan Praktik Baik (Best Practice) dalam pembelajaran melibatkan ….

A.      metode pengajaran yang konvensional

B.      prosedur yang belum terbukti berhasil

C.      penilaian formatif dan sumatif komprehensif

D.      penilaian sumatif saja

E.      fokus pada hasil akhir

Kunci Jawaban : C

 

10.   Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….

A.      TCK (technological and content knowledge)

B.      PCK (pedagogical and content knowledge)

C.      TPK (technological and pedagogical knowledge)

D.      PK (pedagogical knowledge)

E.      TK (technological knowledge)

Kunci Jawaban : A

 

11.   Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....

A.      perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

B.      perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

C.      penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

D.      perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

E.      pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

Kunci Jawaban : D

 

12.   Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali…

A.      Canvas

B.      Google Classroom

C.      Microsoft Teams

D.      Schoology

E.      Quizizz

Kunci Jawaban : E

 

13.   Contoh penerapan pendekatan TPACK dalam bentuk pengintegrasian TIK dalam strategi pembelajaran adalah ….

A.      mengembangkan media video pembelajaran digital

B.      memanfaatkan fitur tautan di LMS untuk pengumpulan tugas siswa

C.      menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai ujian

D.      menggunakan forum diskusi di kelas digital untuk brainstorming

E.      memanfaatkan fitur di platform Merdeka Mengajar untuk asesmen diagnostic

Kunci Jawaban : D

 

14.   Dampak positif dari penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya adalah …

A.      menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

B.      meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

C.      memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

D.      mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

E.      membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

Kunci Jawaban : C

 

15.   Mengkombinasikan dengan pembelajaran mandiri peserta didik dapat menentukan kecepatan belajarnya masing-masing. Ini merupakan kunci utama dalam penerapan hybrid learning, yaitu ...

A.      Live event

B.      Performance Support Materials

C.      Self paced learning

D.      Collaboration

E.      Assessment

Kunci Jawaban : C

 

16.   Seorang guru IPA menyelenggarakan pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa media berbasis web. Proses pembelajaran dilakukan secara sinkronus di kelas dan asinkronus. Penerapan pendekatan TPACK yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan pernyataan berikut ….

A.      kemampuan teknologi guru tidak diperlukan saat pembelajaran asinkronus

B.      model SOLE menerapkan pendekatan teknologi, keaktifan guru (teacher-centered)

C.      pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilakukan karena keterbatasan teknologi

D.      pembelajaran inkuiri dan berbasis aneka sumber memanfaatkan teknologi digital

E.      pembelajaran sinkronus melalui kelas digital dilakukan di ruang kelas konvesional

Kunci Jawaban :  D

 

17.   Bu Yani, seorang guru Bahasa Inggris, menemukan bahwa murid-muridnya kurang termotivasi karena kesulitan memahami materi. Langkah awal yang sebaiknya Bu Yani lakukan dalam memanfaatkan PMM adalah:

A.      Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil Asesmen Murid.

B.      Menampilkan materi ajar dan video pembelajaran menggunakan fitur Bukti Karya.

C.      Mencari inspirasi pembelajaran dari fitur Ide Praktik dan Video Inspirasi.

D.      Memberikan asesmen awal menggunakan fitur Asesmen Murid untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

E.      Langsung membuat modul ajar menggunakan fitur Perangkat Ajar.

Kunci Jawaban : D

 

18.   Kelemahan lingkungan belajar luring adalah ...

A.      Kontrol kelas langsung

B.      Biaya tinggi untuk fasilitas

C.      Terbuka akan praktik langsung

D.      Umpan balik langsung

E.      Konteks sosial yang kaya

Kunci Jawaban : B

 

19.   Seorang guru dapat memanfaatkan PMM sebagai sumber belajar digital yang dapat membantunya dalam mengetahui tingkat pemahaman murid terhadap materi yang akan diajarkan. Fitur PMM apa yang dapat digunakan guru tersebut?

A.      Ide Praktik.

B.      Video Inspirasi.

C.      Perangkat Ajar.

D.      Pelatihan Mandiri.

E.      Asesmen Murid.

Kunci Jawaban : E

 

20.   Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

A.      Wholeheartedness

B.      problem solving

C.      consistency

D.      open mindedness

E.      Responsibility

Kunci Jawaban : A

 

21.   Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah ….

A.      mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai penerima bantuan TIK

B.      memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

C.      mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

D.      memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

E.      mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

Kunci Jawaban : B

 

22.   Contoh kegiatan yang sesuai dengan Discovery Inquiry Learning yang memanfaatkan sumber belajar digital adalah ...

A.      Mendengarkan ceramah guru tanpa diskusi

B.      Membaca buku teks dan mengerjakan soal

C.      Menggambar poster pada kertas

D.      Menonton video tutorial dan melakukan eksperimen virtual

E.      Membentuk kalimat lengkap dengan menggunakan permainan pada Rumah Belajar

Kunci Jawaban : D

 

23.   Menurut Harrington, komponen utama dalam sikap reflektif yang harus dimiliki pendidik meliputi ….

A.      pengetahuan, keterampilan, dan sikap

B.      motivasi, apresiasi, dan refleksi

C.      kritikal, kolaboratif, dan inovatif

D.      kreativitas, inovasi, dan kolaborasi

E.      keterbukaan, tanggung jawab, dan kesungguhan

Kunci Jawaban : E

 

24.   Ibu Ani menyediakan stasiun digital pada pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran station learning. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada pos tersebut adalah…

A.      Mendengarkan ceramah guru tanpa interaksi

B.      Melakukan eksperimen dengan peralatan laboratorium

C.      Menghafal definisi dari buku catatan

D.      Membaca buku teks dan menuliskan hal-hal yang belum dipahami

E.      Mengikuti kuis interaktif menggunakan perangkat lunak

Kunci Jawaban : E

 

25.   Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan manfaat dari pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran?

A.      Meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.

B.      Memperluas akses terhadap materi pembelajaran yang beragam.

C.      Menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran.

D.      Memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.

E.      Mengurangi ketergantungan pada buku teks cetak.

Kunci Jawaban : C

 

26.   Lingkungan belajar mengandung arti …

A.      hal yang dapat mempengaruhi perubahan sifat peserta didik

B.      segala hal di sekitar peserta didik yang mempengaruhi tingkah laku

C.      lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

D.      lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

E.      semua yang ada di sekeliling individu yang menimbulkan komunikasi

Kunci Jawaban : B

 

27.   Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah… 

A.      tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

B.      berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

C.      berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan penggunaannya

D.      meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program pelatihan

E.      kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

Kunci Jawaban : E

 

28.   Keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh guru adalah menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ….

A.      mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

B.      melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

C.      mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

D.      berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

E.      mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

Kunci Jawaban :

 

29.   Pembelajaran digital sebagai sebuah sistem memiliki beragam komponen sebagai subsistem penyusun. Komponen pembelajaran digital meliputi unsur fisik dan non fisik. Yang termasuk komponen unsur fisik dalam pembelajaran digital adalah …

A.      program komputer dan kebijakan

B.      infrastruktur dan perangkat TIK

C.      infrastruktur dan metode pembelajaran

D.      regulasi dan kebijakan pendidikan digital

E.      perangkat TIK dan strategi pembelajaran

Kunci Jawaban : B

 

30.   Pak Anwar, seorang guru IPS, ingin memperkaya materi pembelajaran tentang sejarah Indonesia. Bagaimana website buku.kemdikbud.go.id  dapat membantunya?

A.      Mengunduh buku teks digital tentang sejarah Indonesia untuk menggantikan buku cetak.

B.      Mengikuti webinar tentang metode pengajaran sejarah yang efektif.

C.      Mencari buku-buku referensi tambahan tentang tokoh-tokoh sejarah Indonesia.

D.      Membuat soal ujian online tentang sejarah Indonesia.

E.      Berdiskusi dengan sejarawan melalui forum diskusi di website tersebut.

Kunci Jawaban : C


0 comments:

Posting Komentar