Sabtu, 27 Juli 2024

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja Ketika mendengarkan rencana tindak lanjut guru, kepala sekolah sebaiknya….

       

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja

Ketika mendengarkan rencana tindak lanjut guru, kepala sekolah sebaiknya….

A.       Membantu menyusun rencana

B.       Menggiring pada rencana yang sudah disiapkan

C.      Memberikan dukungan pada komitmen yang dibuat

D.      Memberikan opsi rencana tindak lanjut

Kunci Jawaban : C. Memberikan dukungan pada komitmen yang dibuat

Hal berikut yang perlu dihindari dalam menciptakan diskusi yang konstruktif adalah….

A.       Memberikan dukungan pada komitmen

B.       Mendorong rencana tindak lanjut dibuat oleh guru

C.      Memandu diskusi dengan dominan

D.      Membangun suasana nyaman

Kunci Jawaban : C. Memandu diskusi dengan dominan

Apa yang akan terjadi jika kepala sekolah terlalu banyak bicara atau menasehati guru saat sesi umpan balik?

A.       Guru bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.

B.       Guru kesulitan mengidentifikasi pembelajaran yang sudah berjalan baik dan masih harus diperbaikinya.

C.      Guru tidak memiliki rencana aksi perbaikan yang jelas dan spesifik.

D.      Tercapainya tujuan observasi kinerja sebagai bahan refleksi guru.

Kunci Jawaban : A. Guru bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.

1)    Penyampaian tujuan dilakukan di awal agar persepsi umpan balik antara kepala sekolah dan guru sama.

2)    Diskusi pasca observasi adalah untuk mendorong guru berefleksi mengenai target perilaku yang diobservasi, umpan balik dari kepala sekolah, serta menentukan tindak lanjut yang diperlukan.

Berikut jawaban yang tepat mengenai pernyataan di atas adalah ...

A.       Pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah

B.       Pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar

C.      Keduanya benar

D.      Keduanya salah

Kunci Jawaban : CKeduanya benar

Hal yang perlu diterapkan ketika melakukan diskusi pasca observasi pada rekan guru adalah….

A.       Menginformasikan daftar catatan perilaku yang diamati

B.       Menggunakan paradigma berpikir coaching

C.      Meminta hasil refleksi tertulis

D.      Menggunakan pendekatan persuasif

Kunci Jawaban : B. Menggunakan paradigma berpikir coaching

Umpan balik seperti apakah yang mengakibatkan guru kesulitan merencanakan aksi perbaikan yang jelas dan spesifik?

A.       “Hal apa saja yang menurut Bapak sudah baik dalam proses pembelajaran tadi?”

B.       “Ya… Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”

C.      “Ide-ide apa saja yang memungkinkan Bapak lakukan untuk menyelesaikan hal-hal yang menghambat dalam proses pembelajaran tadi?”

D.      “Kapan rencananya Ibu akan melaksanakan langkah-langkah perbaikan tadi?”

Kunci Jawaban : B. “Ya… Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”

“Apa lagi Bu yang bisa saya bantu untuk menindaklanjuti hasil umpan balik kita?”

Pertanyaan di atas bisa digunakan kepala sekolah untuk ...

A.       Mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk diskusi secara personal.

B.       Menawarkan dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.

C.      Menyampaikan kekurangan guru dalam praktik mengajar di kelas.

D.      Menyepakati waktu pemberian umpan balik sesegera mungkin setelah observasi kinerja.

Kunci Jawaban : B. Menawarkan dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja Hal berikut yang perlu dihindari dalam menciptakan diskusi yang konstruktif adalah…

 

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri  Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja

Hal berikut yang perlu dihindari dalam menciptakan diskusi yang konstruktif adalah….

A.       Memberikan dukungan pada komitmen

B.       Mendorong rencana tindak lanjut dibuat oleh guru

C.      Memandu diskusi dengan dominan

D.      Membangun suasana nyaman

Kunci Jawaban : C. Memandu diskusi dengan dominan

Apa yang akan terjadi jika kepala sekolah terlalu banyak bicara atau menasehati guru saat sesi umpan balik?

A.       Guru bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.

B.       Guru kesulitan mengidentifikasi pembelajaran yang sudah berjalan baik dan masih harus diperbaikinya.

C.      Guru tidak memiliki rencana aksi perbaikan yang jelas dan spesifik.

D.      Tercapainya tujuan observasi kinerja sebagai bahan refleksi guru.

Kunci Jawaban : A. Guru bersifat pasif dan hanya sebagai penerima saran dari kepala sekolah.

1)    Penyampaian tujuan dilakukan di awal agar persepsi umpan balik antara kepala sekolah dan guru sama.

2)    Diskusi pasca observasi adalah untuk mendorong guru berefleksi mengenai target perilaku yang diobservasi, umpan balik dari kepala sekolah, serta menentukan tindak lanjut yang diperlukan.

Berikut jawaban yang tepat mengenai pernyataan di atas adalah ...

A.       Pernyataan 1 benar, pernyataan 2 salah

B.       Pernyataan 1 salah, pernyataan 2 benar

C.      Keduanya benar

D.      Keduanya salah

Kunci Jawaban : C. Keduanya benar

Hal yang perlu diterapkan ketika melakukan diskusi pasca observasi pada rekan guru adalah….

A.       Menginformasikan daftar catatan perilaku yang diamati

B.       Menggunakan paradigma berpikir coaching

C.      Meminta hasil refleksi tertulis

D.      Menggunakan pendekatan persuasif

Kunci Jawaban : B. Menggunakan paradigma berpikir coaching

Umpan balik seperti apakah yang mengakibatkan guru kesulitan merencanakan aksi perbaikan yang jelas dan spesifik?

A.       “Hal apa saja yang menurut Bapak sudah baik dalam proses pembelajaran tadi?”

B.       “Ya… Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”

C.      “Ide-ide apa saja yang memungkinkan Bapak lakukan untuk menyelesaikan hal-hal yang menghambat dalam proses pembelajaran tadi?”

D.      “Kapan rencananya Ibu akan melaksanakan langkah-langkah perbaikan tadi?”

Kunci Jawaban : B. “Ya… Pokoknya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus sih ngajarnya. Tapi ya, masukan saya sedikit ditingkatkan lagi cara mengajarnya, Bu!”

“Apa lagi Bu yang bisa saya bantu untuk menindaklanjuti hasil umpan balik kita?”

Pertanyaan di atas bisa digunakan kepala sekolah untuk ...

A.       Mencari tempat yang tenang dan nyaman untuk diskusi secara personal.

B.       Menawarkan dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.

C.      Menyampaikan kekurangan guru dalam praktik mengajar di kelas.

D.      Menyepakati waktu pemberian umpan balik sesegera mungkin setelah observasi kinerja.

Kunci Jawaban : B. Menawarkan dukungan yang dibutuhkan guru untuk tindak lanjut.

Ketika mendengarkan rencana tindak lanjut guru, kepala sekolah sebaiknya….

A.       Membantu menyusun rencana

B.       Menggiring pada rencana yang sudah disiapkan

C.      Memberikan dukungan pada komitmen yang dibuat

D.      Memberikan opsi rencana tindak lanjut

Kunci Jawaban : C. Memberikan dukungan pada komitmen yang dibuat

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja Bagaimana sikap yang tepat bagi kepala sekolah selama proses observasi?

 

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri  Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja

Bagaimana sikap yang tepat bagi kepala sekolah selama proses observasi?

A.       Mengkritik langsung saat guru melakukan kesalahan

B.       Mengamati dengan tenang dan objektif tanpa interupsi

C.      Memberikan instruksi kepada murid di tengah pembelajaran

D.      Menyampaikan evaluasi langsung di depan kelas

Kunci Jawaban : B. Mengamati dengan tenang dan objektif tanpa interupsi

Kepala sekolah memberikan saran perbaikan kepada guru pada bagian ….

A.       Catatan

B.       Rekomendasi

C.      Rating

D.      Kritik

Kunci Jawaban : B. Rekomendasi

Apa yang sebaiknya dilakukan kepala sekolah saat memberikan rating kinerja guru?

A.       Membandingkan guru dengan guru lain di sekolah

B.       Memberikan rating berdasarkan kesan pribadi tanpa catatan

C.      Menggunakan catatan observasi sebagai dasar penilaian

D.      Menilai hanya berdasarkan persepsi murid tentang guru

Kunci Jawaban : C. Menggunakan catatan observasi sebagai dasar penilaian

 

Mana pernyataan yang tepat untuk alternatif metode Competency Based Interview?

A.       Kepala sekolah tidak perlu mewawancarai guru terlebih dahulu.

B.       Kepala sekolah tidak perlu menanyakan secara spesifik terkait pengalaman guru melakukan restitusi.

C.      Kepala sekolah mengajukan pertanyaan yang cukup spesifik untuk dapat mengungkap fakta.

D.      Kepala sekolah dapat merekam kejadian saat guru melakukan fasilitasi secara diam-diam.

Kunci Jawaban : C. Kepala sekolah mengajukan pertanyaan yang cukup spesifik untuk dapat mengungkap fakta

Kegiatan paling tepat yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk membantu guru menyiapkan diri sebelum observasi kinerja adalah…

A.       Membuat jadwal observasi pembelajaran yang menyesuaikan dengan kesibukan kepala sekolah

B.       Meminta guru memilih target perilaku yang paling mudah

C.      Menyediakan waktu untuk sesi konsultasi/menjawab pertanyaan guru selama proses persiapan berlangsung

D.      Ikut membuat alat peraga yang dibutuhkan 

Kunci Jawaban : C. Menyediakan waktu untuk sesi konsultasi/menjawab pertanyaan guru selama proses persiapan berlangsung

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja Hal berikut yang perlu diterapkan ketika mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada rekan guru adalah....

    

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Peningkatan Praktik Kinerja

Hal berikut yang perlu diterapkan ketika mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada rekan guru adalah....

A.       Mengajukan pertanyaan menantang

B.       Menggunakan paradigma berpikir coaching

C.      Mengajukan pertanyaan tertutup

D.      Menggunakan pendekatan persuasive

Kunci Jawaban: B. Menggunakan paradigma berpikir coaching

Kepala sekolah membantu guru untuk berpikir tepat dan realistis dalam menentukan hal berikut, kecuali...

A.       Jadwal observasi kinerja

B.       Pemilihan target perilaku

C.      Dampak perubahan perilaku

D.      Sumber belajar

Kunci Jawaban: C. Dampak perubahan perilaku

Hal berikut merupakan hal-hal yang dihasilkan dalam diskusi persiapan observasi kinerja, kecuali...

A.       Rencana aksi perubahan perilaku

B.       Kesepakatan indikator perilaku perubahan

C.      Umpan balik dari observasi kinerja

D.      Waktu pelaksanaan observasi kinerja

Kunci Jawaban: C. Umpan balik dari observasi kinerja

Manakah diantara pilihan berikut yang merupakan langkah dari kerangka TIRTA?

A.       Tanggung Jawab, Identifikasi, Refleksi, Tujuan

B.       Tanggung Jawab, Identifikasi, Rencana Aksi, Tujuan

C.      Tujuan, Identifikasi, Refleksi, Tanggung Jawab

D.      Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, Tanggung Jawab

Kunci Jawaban: D. Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, Tanggung Jawab