Sabtu, 17 Agustus 2024

Pelatihan Mandiri Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 

Pelatihan Mandiri  Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

1.       Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….

Jawaban: Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca

2.       Cara memajang buku di rak sudut baca adalah

Jawaban: Sampul menghadap ke depan

3.       Bahan kaya bacaan yang baik adalah ….

Jawaban: Dibuat oleh peserta didik berdasarkan buku yang telah dibaca

4.       Berikut ini pernyataan mengenai peraturan sudut baca yang tidak benar

Jawaban: Dibuat agar anak-anak tidak melanggar aturan

5.       Informasi yang bisa didapatkan oleh pendidik mengenai perkembangan membaca peserta didiknya melalui jurnal membaca adalah ….

Jawaban: Minat baca dan buku-buku favorit peserta didik

6.       Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

7.       Jawaban: Benar

8.       Buku merupakan bintang pada saat kegiatan membaca nyaring. Hal ini dapat diartikan sebagai ….

Jawaban: Buku merupakan bentuk penghargaan pendidik bagi peserta didik

9.       Berikut ini aktivitas tindak lanjut yang dapat disarankan kepada peserta didik setelah membaca, kecuali

Jawaban: Mewarnai dari pola yang dibuat guru

10.   Guru menggeser jari tangan/alat penunjuk di bawah setiap kata yang dibaca bertujuan untuk ….

Jawaban: Memodelkan secara eksplisit kepada peserta didik arah dan cara membaca

11.   Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

Jawaban: Benar

12.   Pengecekan buku perlu dilakukan berkala oleh ….

Jawaban: Semua siswa

13.   Pada saat kegiatan membaca mandiri, Nina hanya mampu menyelesaikan beberapa halaman pada buku yang dibacanya dikarenakan waktu yang tersedia telah usai. Untuk itu pendidik dapat membimbing Nina untuk ….

Jawaban: Mengisi jurnal membaca sebelum meletakkan buku kembali ke rak buku

14.   Buku-buku di sudut baca tidak perlu diinventaris karena hanya dimanfaatkan di dalam kelas.

Jawaban: Benar

15.   Durasi waktu peserta didik membaca mandiri perlu disampaikan sebelum kegiatan agar ….

Jawaban: Peserta didik memperkirakan kapan waktu membaca berlangsung dan bisa menyelesaikan bacaan

16.   Jurnal membaca bertujuan untuk

Jawaban: Mencatat informasi terkait dengan buku bacaan

17.   Kegiatan membaca nyaring bertujuan untuk ….

Jawaban: Menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi peserta didik

18.   Emi sudah dapat membaca dengan lantang dan lancar. Pada tahap selanjutnya, pendidik dapat mengembangkan keterampilan pemahaman Emi dengan cara ….

Jawaban: Memberikan tugas membaca mandiri sesuai dengan kemampuan membaca Emi

19.   Setelah melakukan kegiatan membaca bersama pertama kalinya, Bapak Hadi menemukan bahwa peserta didik masih belum memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap. Pengajaran apa yang bisa Bapak Hadi fokuskan untuk mengatasi hal ini?

Jawaban: Memfokuskan pada kelancaran membaca

 

Pelatihan Mandiri | Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 


Jumat, 16 Agustus 2024

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri Post test topik Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Murid Saat menarasikan kondisi ideal dari yang kita impikan, kita berada dalam tahap...

  


Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri  Post test topik Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Murid

Saat menarasikan kondisi ideal dari yang kita impikan, kita berada dalam tahap...

a.       Define

b.       Dream

c.       Discover

d.       Design

Kunci Jawaban : b. Dream

 

Seorang dengan paradigma berpikir aset, melihat sekelilingnya sebagai...

a.       Peluang

b.       Masalah

c.       Kekurangan

d.       A dan b benar

Kunci Jawaban : a. Peluang

 

Sekolah memiliki guru yang inovatif dan kreatif merupakan bentuk modal...

a.       Finansial

b.       Lingkungan

c.       Sumber daya manusia

d.       Sosial

Kunci Jawaban : c. Sumber daya manusia

 

Bandura (1997) juga menegaskan bahwa memberikan murid pilihan akan meningkatkan…

a.       Motivasi dan otonomi murid

b.       Kolaborasi dan kreatifitas murid

c.       Kecerdasan dan keterampilan murid

d.       Keaktifan dan daya lenting murid

Kunci Jawaban : a. Motivasi dan otonomi murid

 

Kepala Sekolah dan tenaga pendidik harus menyadari pentingnya peran komunitas-komunitas karena dapat menjadi ruang bagi peserta didik menyampaikan suara pilihan dan kepemilikan mereka. Contoh pelibatan komunitas tersebut, kecuali…

a.       Melibatkan lingkungan sekitar dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat yang digagas oleh peserta didik

b.       Melibatkan partai politik untuk mengkampanyekan visi partainya

c.       Melibatkan media untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan berbagai aksi inisiatif murid yang berdampak bagi komunitas

d.       Melibatkan pemuka agama dan berbagai kegiatan keagamaan untuk mengembangkan sikap toleransi dan keterbukaan

Kunci Jawaban : b. Melibatkan partai politik untuk mengkampanyekan visi partainya

 

Pendekatan berpikir berbasis aset/kekuatan merujuk pada konsep teori...

a.       Restitusi

b.       Student Agency

c.       Inkuiri apresiatif

d.       Tidak ada yang benar

Kunci Jawaban : c. Inkuiri apresiatif

 

Tahap memutuskan apa dan siapa saja yang terlibat adalah...

a.       Define

b.       Dream

c.       Discover

d.       Deliver

Kunci Jawaban : c. Discover

 

Modal manusia berkaitan dengan...

a.       Pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.

b.       Peningkatan kualitas guru.

c.       Pembentukan sikap warga sekolah.

d.       Kebijakan yang mempengaruhi sumber daya di lingkungan sekolah.

Kunci Jawaban : b. Peningkatan kualitas guru.

 

Perhatikan pernyataan berikut!

1. Mengajak peserta didik mengatur tata kelas mereka sendiri.

2. Melakukan penilaian diri sendiri (self assessment).

Kegiatan-kegiatan di atas adalah upaya dalam mendorong aspek…

a.       Suara

b.       Pilihan

c.       Kepemilikan

d.       Kepemimpinan murid (student agency)

Kunci Jawaban : c. Kepemilikan


Mengapa konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid dapat membantu kepala sekolah menajamkan setiap ide ketika merancang sebuah program yang berdampak pada murid?

a.       Karena kepala sekolah dapat menggunakan konsep ini dalam proses pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan murid.

b.       Karena kepala sekolah dapat menentukan di mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dapat didorong.

c.       Karena konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid akan lebih memberdayakan murid.

d.       Karena murid akan lebih bertanggung jawab atas keberhasilan pembelajarannya.

Kunci Jawaban : c. Karena konsep suara, pilihan dan kepemilikan murid akan lebih memberdayakan murid.

Kunci Jawaban Pelatihan mandiri Modul Pengelolaan Buku NonTeks

 

Kunci Jawaban Modul Pengelolaan Buku NonTeks

1.       Sebelum buku dipajang di rak buku, berikut ini hal yang perlu dipastikan, kecuali ….

A.      Buku sudah diberi cap

B.      Buku sudah memiliki nomor panggil

C.      Buku sudah tercatat di buku inventaris

D.      Buku sudah diizinkan kepala sekolah untuk dipajang

Kunci Jawaban: Buku sudah diizinkan kepala sekolah untuk dipajang

2.       Berikut adalah tugas-tugas dari pustakawan, kecuali .…

A.      Melakukan pendataan pemutakhiran buku-buku

B.      Memonitor perkembangan membaca peserta didik

C.      Mengelola kegiatan perputaran buku-buku

D.      Melakukan perawatan terhadap buku-buku yang rusak

Kunci Jawaban: Memonitor perkembangan membaca peserta didik

3.       Berikut ini adalah keuntungan belanja menggunakan SIPLAH, kecuali ….

A.      Transparan

B.      Harga pasti dan tidak bisa ditawar

C.      Pertangungjawabannya jelas

D.      Mudah prosedurnya

Kunci Jawaban: Harga pasti dan tidak bisa ditawar

4.       Pengertian dari buku deposit adalah ….

A.      Buku - buku yang disimpan dalam wadah tertentu dan digunakan sebagai acuan sumber informasi

B.      Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu

C.      Buku - buku yang telah kadaluarsa sehingga harus dikeluarkan dari rak pajangan

D.      Buku - buku yang jarang dipinjam oleh pembaca sehingga tidak lagi disimpan di rak pajangan

Kunci Jawaban: Buku - buku yang menjadi cadangan dan disimpan untuk dipajang kemudian setelah jangka waktu tertentu

5.       Tindak lanjut untuk buku yang terlambat dapat dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali ….

A.      Siswa relawan mencari temannya yang belum mengembalikan buku dan memberitahu agar segera mengembalikan buku

B.      Guru kelas menelpon orang tua peserta didik yang belum mengembalikan buku dan meminta untuk membantu mencarikan buku tersebut

C.      Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

D.      Pustakawan menyampaikan ke guru kelas untuk mengingatkan peserta didik yang belum mengembalikan buku.

Kunci Jawaban: Kepala sekolah menyebutkan nama-nama perserta didik yang belum mengembalikan buku saat upacara

6.       Berikut adalah kemudahan-kemudahan yang bisa didapat melalui penataan buku yang baik, kecuali ….

A.      Peserta didik dapat menemukan buku dengan cepat

B.      Pendidik atau pustakawan dapat dengan cepat melakukan perawatan apabila ada buku yang rusak

C.      Pendidik atau pustakawan dapat memantau buku-buku yang beredar

D.      Peserta didik dapat mengembalikan langsung buku yang dipinjam kembali ke rak

Kunci Jawaban: Peserta didik dapat mengembalikan langsung buku yang dipinjam kembali ke rak

7.       Keterbatasan dana internal sekolah berdampak pada pengadaan buku. Apa yang bisa dilakukan sekolah?

A.      Memanfaatkan proyektor untuk menampilkan buku dari platform digital saat kegiatan membaca

B.      Melibatkan guru-guru untuk aktif memanfaatkan platform buku digital untuk mendukung kegiatan pembelajaran

C.      Mengunduh sebanyak-banyaknya buku digital lalu mencetaknya

D.      1 dan 2 benar

Kunci Jawaban: 1 dan 2 benar

8.       Cara penyimpanan buku yang kurang tepat menyebabkan buku cepat rusak. Hal ini tidak akan mempengaruhi minat peserta didik untuk membaca buku.

A.      Benar

B.      Salah

Kunci Jawaban: Salah

9.       Saat invetaris buku, pengisian tanggal yang benar adalah

A.      Tanggal saat buku diterima oleh sekolah

B.      Tanggal saat buku diterbitkan

C.      Tanggal saat petugas di sekolah menginventaris buku

D.      Tanggal saat buku dikirim dari pengirim

Kunci Jawaban: Tanggal saat buku diterima oleh sekolah

10.   Sosialisasi cara meminjam buku kepada peserta didik penting karena ….

A.      Peserta didik mengetahui sekolah mengizinkan peminjaman buku kepada peserta didik

B.      Guru tidak perlu menyuruh-nyuruh perserta didik untuk meminjam buku

C.      Peserta didik tidak tahu bagaimana meminjam buku

D.      1,2,3 benar

Kunci Jawaban: 1,2,3 benar

Kunci Jawaban Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

 



Kunci Jawaban Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]

Post Test

1.       Buku memiliki sifat sebagai cermin, artinya .…

A.      Membantu anak-anak mengembangkan pemahaman budaya, tradisi, adat istiadat yang berbeda.

B.      Membantu anak-anak mengembangkan kreativitas

C.      Membantu anak-anak memahami adat, budaya, nilai, dan tradisi setempat.

D.      Membantu anak-anak berfikir kritis dan peka

2.       Pak Deni duduk dan mendengarkan peserta didiknya membaca beberapa kalimat, kemudian Pak Deni menghitung kesalahan yang dibuat tanpa sepengetahuan peserta didiknya. Berdasarkan hasil perhitungan, Pak Deni kemudian mengarahkan peserta didiknya untuk memilih buku yang sesuai. Langkah apa yang diterapkan oleh Pak Deni?

A.      Tes diagnostik

B.      Peraturan 5 jari

C.      Asesmen pemahaman membaca

D.      Tes membaca permulaan

3.       Berikut adalag beberapa cara bagi pendidik untuk membantu peserta didik memilih buku yang tepat, kecuali..

A.      Menerapkan aturan 5 jari

B.      Menerapkan tes diagnostik untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca peserta didik

C.      Menganjurkan peserta didik untuk melihat halaman sampul dan membuka halaman buku

D.      Mengelompokan buku - buku bacaan berdasarkan kategori - kategori tertentu.

4.       Aturan 5 jari adalah panduan sederhana yang dapat digunakan oleh pendidik apakah buku-buku yang dibaca peserta didik terlalu sulit atau terlalu mudah.

A.      Benar

B.      Salah

5.       Buku yang peserta didik akan bacaadalah buku yang kita pikirkan peserta didik akan baca. Pernyataan di atas adalah…

A.      Benar

B.      Salah

6.       Adi dan Dina adalah teman dekat. Adi baru bisa membaca suku kata sederhana, sementara Dina sudah bisa membaca lebih lancar dibanding peserta didik seusianya. Buku jenjang apa yang bisa disarankan untuk mereka?

A.      Adi dan Dina membaca buku jenjang sama, yaitu B2

B.      Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang B1

C.      Adi membaca buku jenjang A, Dina membaca buku jenjang C

D.      Adi dan Dina membaca buku jenjang C

7.       Pendidik dapat menerapkan aturan 5 jari apabila menemukan peserta didik yang berada dalam kondisi di bawah ini, kecuali ….

A.      Peserta didik tampak membolak-balikkan buku terlalu cepat dan hanya melihat gambarnya saja

B.      Peserta didik membutuhkan waktu yang lama untuk memilih buku untuk dibaca

C.      Peserta didik tampak memilih buku dengan tema tertentu saja

D.      Peserta didik berganti buku terlalu sering

8.       Berikut ini cakupan jenjang yang biasanya dibaca oleh anak-anak SD?

A.      B1, dan B2

B.      A, B1, B2, dan B3

C.      A-C

D.      A-D

9.       Buku non-teks yang berisi tentang pengenalan warna atau hari termasuk ….

A.      Fiksi

B.      Cerita anak

C.      Konsep sederhana

D.      Fiksi-realis

10.   Dina sudah bisa membaca teks dalam bentuk paragraf dalam satu wacana. Dina bisa disarankan untuk membaca buku jenjang …

A.      A

B.      B1

C.      B2

D.      C

11.   Anak mempunyai kecenderungan memilih buku. Mana yang mungkin lebih dipilih anak?

A.      Buku roman fiksi

B.      Buku konsep sederhana

C.      Buku cara menulis jurnal

D.      Buku sejarah

Pelatihan Mandiri | Post test topik Buku Nonteks Bermutu dan Bagaimana Memanfaatkannya [Kemitraan dengan Inovasi - YLAI]