Sabtu, 12 Oktober 2024

Kunci Jawaban Jurnal Pembelajaran Piloting Tahap 1 2 & 3


Latihan Pemahaman Prinsip Pengajaran dan Asesmen (Umum)

1.       Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah….

A.      Merancang asesmen, kegiatan, dan tujuan pembelajaran

B.      Merancang asesmen, tujuan, dan kegiatan pembelajaran

C.      Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran

D.      Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran

E.       Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran

2.       "Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?". Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap ….

A.      Perencanaan strategi pembelajaran

B.      Merumuskan tujuan pembelajaran

C.      Merancang asesmen

D.      Perencanaan kegiatan pembelajaran

E.       Perencanaan model pembelajaran

3.       "Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?" Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap...

A.      Merencanakan model pembelajaran

B.      Merumuskan tujuan pembelajaran

C.      Merancang asesmen

D.      Merancang kegiatan pembelajaran

E.       Merencanakan pendekatan pembelajaran

4.       "Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?" merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap...

A.      Merencanakan model pembelajaran

B.      Merumuskan tujuan pembelajaran

C.      Merancang asesmen

D.      Merancang kegiatan pembelajaran

E.       Merencanakan pendekatan pembelajaran

5.       Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali....

A.      Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP.

B.      Merumuskan TP dengan cara menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi' pada CP.

C.      Merumuskan TP secara lintas elemen.

D.      Merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik

E.       Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik

6.       Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka adalah…

A.      Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP

B.      Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik

C.      Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai

D.      Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah

E.       Menganggap bahwa “memahami” dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.

7.       Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali….

A.      Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.

B.      Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.

C.      Sepanjang proses pembelajaran, guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.

D.      Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.

E.       Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.

8.       Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali....

A.      Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik

B.      Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.

C.      Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik

D.      Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.

E.       Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran.

9.       Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah….

A.      Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik

B.      KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP)

C.      KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik

D.      KKTP dapat disusun melalui dekripsi kriteria dan interval nilai

E.       Semua benar

10.   Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah….

A.      Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan

B.      Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.

C.      Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran

D.      Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik yang beragam

E.       Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat, kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik.

11.   Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….

A.      kebiasaan

B.      karakter

C.      pengalaman

D.      perspektif

E.       prestasi

12.   Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan….

A.      peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengambil maknanya

B.      peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan mengaitkannya dengan budayanya sendiri

C.      peserta didik diajak untuk mengenal identitas budaya orang lain dan merefleksikan hal tersebut dengan karakter dirinya

D.      peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

E.       peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan budaya negaranya

13.   Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai….

A.      motivator

B.      fasilitator

C.      pendamping

D.      instruktur

E.       pengambil kesimpulan

14.   Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah….

A.      Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber

B.      Meminta para peserta didik untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut sebisanya

C.      Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada buku teks

D.      Meminta para peserta didik untuk mencari jawaban pada warga sekolah melalui wawancara

E.       Meminta para peserta didik untuk berdiskusi dan bila masalah belum terpecahkan langsung diberikan solusinya

15.   Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali….

A.      menciptakan hubungan yang saling menghargai antara sesama peserta didik apapun kondisi latar belakang mereka

B.      memberikan sikap yang ramah untuk membuat ia merasa nyaman

C.      memberikan sambutan yang baik dari sesama peserta didik maupun guru

D.      memberikan motivasi agar ia tidak merasa rendah diri dihadapan teman-temannya

E.       memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya

16.   Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Bu Asri, kecuali….

A.      Menghadirkan penjual makanan tradisional setempat sebagai salah satu inspirasi peserta didik dalam membuat cerita

B.      Menghadirkan berbagai macam makanan tradisional kemudian meminta peserta didik memilih salah satunya untuk dijadikan sebagai bahan cerita

C.      Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita

D.      Meminta peserta didik mencari informasi tentang makanan tradisional dari berbagai sumber dalam membuat cerita

E.       Menayangkan video yang menceritakan jenis-jenis makanan tradisional sebagai referensi peserta didik dalam membuat cerita

Post Test

JAWABAN

BOBOT NILAI

Memberikan tugas menulis jurnal mingguan agar progres kemampuan juga lebih terlihat

5

Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester (SAS)

4

Mencoba membuat ujian tulis dengan pertanyaan singkat

3

Memikirkan strategi asesmen yang paling relevan

Jawaban Anda

2

Menggunakan asesmen yang selama ini digunakan

1

1.       Anda adalah guru Bahasa Inggris kelas 12. Ketika mengamati tugas makalah yang dikumpulkan peserta didik di semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris perlu diasah lebih lanjut. Terlebih kemampuan ini akan dibutuhkan pada jenjang berikutnya. Di sisi lain, Anda belum memiliki asesmen apapun terkait dengan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris. Apa tindakan yang akan Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

2.       Anda adalah guru matematika yang akan mengajarkan materi perkalian bilangan ratusan. Ketika Anda memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil peserta didik yang dapat menyelesaikan soal dengan benar. Setelah dilakukan asesmen lebih lanjut, ternyata ada beberapa peserta didik yang baru dapat melakukan perkalian bilangan puluhan. Bahkan ada pula peserta didik yang belum memilliki hafalan perkalian bilangan satuan. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Memastikan kemampuan perkalian peserta didik sebelum memberikan soal-soal

5

Memberikan soal-soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap peserta didik

4

Tetap mengajarkan perkalian bilangan ratusan namun secara perlahan agar semua peserta didik paham

3

Memaklumi bila soal latihan yang diberikan memang hanya dapat diselesaikan oleh peserta didik yang mampu

2

Hanya memberikan soal latihan bilangan ratusan kepada peserta didik yang mampu

1

3.       Berdasarkan hasil asesmen, Anda mengetahui bahwa sebagian peserta didik di kelas Anda memiliki gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian yang lain lebih suka belajar secara auditori. Anda merasa perbedaan gaya belajar ini menjadi sebuah tantangan karena Anda terbiasa mengelola kelas yang lebih homogen. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan bila menghadapi situasi ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan

5

Membagi peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka

4

Berupaya merencanakan aktivitas yang memungkinkan tiap peserta didik bekerja secara individual sesuai gaya belajar masing-masing

3

Memikirkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media

2

Mengusulkan kepada koordinator kelas untuk lebih homogen dalam membagi kelas untuk mempermudah proses pembelajaran

1

4.       Anda ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler menari di sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan peserta didik untuk tampil di festival budaya kabupaten. Meski demikian, Anda menyadari bahwa peserta didik memiliki latar belakang kemampuan tari yang berbeda-beda, sehingga Anda bingung dalam menentukan aktivitas yang paling sesuai saat latihan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta bantuan peserta didik yang lebih mahir untuk turut melatih temannya yang belum mahir dalam melakukan gerakan tertentu

5

Mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya dan memberikan latihan khusus untuk tiap kelompok

4

Mengatur urutan dalam melatih gerakan, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan sampai yang paling mudah

3

Memikirkan variasi aktivitas yang dapat melatih berbagai tingkat kemampuan menari para peserta didik

2

Tetap menggunakan rutinitas latihan yang biasa dilakukan dan mengharapkan semua peserta didik dapat mengikutinya tanpa kesulitan

1

5.       Anda mengetahui adanya dua suku asal peserta didik yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini sering terlibat konflik, baik secara sengaja maupun tidak, sehingga kerap berdampak terhadap proses pembelajaran di kelas. Beberapa kali Anda berusaha untuk memediasi, namun tingginya prasangka yang dimiliki antar kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Selaku guru kelas, apa yang akan Anda lakukan jika menemui situasi ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat kelompok dengan anggota yang membaur antar kedua suku tersebut dan memberikan tugas kolaboratif

5

Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus-kasus yang relevan

4

Berupaya menyelipkan cerita-cerita tentang dampak negatif prasangka di sela-sela penyampaian materi

3

Memikirkan ide tentang aktivitas pembelajaran tertentu yang dapat memediasi dua kelompok tersebut

2

Menyampaikan materi dan mendampingi belajar sebagaimana biasanya tanpa terlalu memikirkan situasi tersebut

1

6.       Anda adalah guru kelas dengan peserta didik yang selama ini seluruhnya berasal dari suku Jawa. Kebetulan semester ini ada peserta didik baru yang pindah dari luar Jawa, dan tentu saja ia tidak menguasai Bahasa Jawa. Padahal selama ini Anda terbiasa ketika di kelas menyelipkan Bahasa Jawa ketika menjelaskan sesuatu, meskipun bahasa pengantar pembelajaran secara resmi adalah Bahasa Indonesia. Apa kemudian tindakan Anda saat menghadapi situasi di atas?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Melibatkan peserta didik lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia

5

Menggunakan bahasa Indonesia pada semua materi yang diajarkan di kelas

4

Berniat membiasakan diri agar selanjutnya dapat konsisten menggunakan Bahasa Indonesia ketika mengajar

3

Menyadari tantangan yang dihadapi peserta didik pindahan dalam memahami materi

2

Meminta peserta didik yang baru pindah untuk segera belajar bahasa Jawa

1

7.       Pada satu materi belajar tentang poster sebagai media informasi, Anda berencana meminta setiap peserta didik untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Akan tetapi, mayoritas peserta didik meminta Anda untuk membebaskan tema, sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai guru mapel IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat survei minat peserta didik untuk dijadikan alternatif pembuatan tema sebelum pembelajaran

5

Mengizinkan peserta didik untuk membuat poster sesuai dengan minatnya masing-masing

4

Berupaya memperluas tema poster sesuai keinginan peserta didik meskipun tidak terlalu jauh dari tema budaya

3

Memaklumi minat peserta didik yang beragam dalam pembuatan tugas tersebut

2

Meminta peserta didik untuk membuat poster sesuai tema yang telah Anda tentukan

1

8.       Anda adalah guru Bahasa Indonesia yang bermaksud melakukan literasi menulis pada peserta didik di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu peserta didik menuangkan gagasan ke dalam tulisan dengan susunan kata dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun demikian, kemampuan menulis peserta didik di sekolah Anda sangat heterogen. Beberapa di antara mereka cukup terampil dalam menulis, namun banyak juga yang mengalami kesulitan. Apa yang Anda lakukan jika berada pada situasi ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat panduan dan tugas yang berbeda sesuai dengan tingkat keterampilan menulis peserta didik

5

Meningkatkan kompleksitas aktivitas hanya untuk peserta didik yang sudah memiliki keterampilan menulis yang baik

4

Mulai menugaskan aktivitas menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan masing-masing

3

Menyadari adanya perbedaan kemampuan awal dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik

2

Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa dilakukan

1

9.       Anda akan mengajarkan salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari jarak jauh. Pada kegiatan praktik, ada beberapa peserta didik yang menyatakan tidak sanggup melakukan kegiatan tersebut dikarenakan baru saja sembuh dari sakit. Ada pula yang menyampaikan bahwa mereka belum sempat sarapan. Tindakan apa yang Anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Memastikan kembali kondisi setiap peserta didik sebelum menentukan jarak lari yang akan dipraktikkan

5

Mengubah jenis lari ke lari jarak menengah agar setiap peserta dapat melakukan praktik lari

4

Tetap meminta peserta didik untuk lari jarak jauh meskipun beberapa diantaranya harus pelan-pelan

3

Menyadari bahwa praktik lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua peserta didik

2

Meminta peserta didik yang tidak mampu untuk istirahat dan tidak melakukan kegiatan tersebut

1

10.   Anda mengampu mata pelajaran PJOK dan akan mengajarkan materi tentang permainan bola voli yang menuntut penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Di sisi lain, sekolah Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan praktik, sehingga Anda cukup kesulitan untuk melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat panduan observasi yang dapat digunakan semua guru PJOK meskipun sarana praktik di sekolah terbatas

5

Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan bola voli terdekat

4

Berusaha menyusun pedoman observasi sederhana pada gerakan-gerakan yang bersifat dasar

3

Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktik peserta didik dalam bermain voli

2

Hanya akan memberikan tes yang bersifat tertulis dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana praktik tersebut

1

11.   Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya

5

Mengajak peserta didik untuk mencocokkan jumlah kancing dengan angka yang sesuai

4

Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya

3

Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik

2

Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papan tulis

1

12.   Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan

5

Menggunakan metode presentasi secara individual

4

Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut

3

Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan

2

Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu pengerjaannya

1

13.   Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik

5

Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu

4

Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik

3

Menyadari bahwa tidak semua peserta didik di kelas 1 SD sudah terampil dalam menulis

2

Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10

1

14.   Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara essai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam

5

Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan

4

Mencoba memberikan panduan atau tugas menulis dalam kategori yang bervariasi

3

Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik

2

Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama

1

15.   Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya

5

Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik

4

Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua

3

Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa

2

Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas

1

16.   Anda ditugaskan membimbing peserta didik dalam menghadapi lomba olimpiade antar sekolah. Ketika mengetahui peserta dari sekolah lain, Anda menyadari bahwa kompetisinya akan sangat tinggi, namun Anda tetap berupaya membimbing peserta didik yang menjadi tanggung jawab Anda secara intensif. Ternyata tim yang Anda bimbing belum berhasil menjadi juara, sehingga membuat para peserta didik Anda merasa kecewa. Sebagai guru mereka, bagaimana Anda menyikapinya?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengidentifikasi penyebab kekalahan

5

Menekankan pada pengalaman yang diperoleh

4

Tetap menyemangati mereka

3

Memahami kekecewaan mereka

2

Merasa bahwa upaya yang dilakukan sia-sia

1

17.   Anda adalah guru Fisika kelas 12 yang sedang memberikan materi tentang Gelombang Elektromagnetik. Di kelas, banyak peserta didik yang tampak bingung dan mengajukan banyak pertanyaan. Anda sebenarnya ingin meneruskan menjawab pertanyaan mereka namun waktu untuk mata pelajaran Anda tersisa 15 menit. Apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani

5

Memberikan apresiasi pada peserta didik yang berani bertanya

4

Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya

3

Menyadari bahwa beberapa orang membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum

2

Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya

1

18.   Suatu ketika ada salah seorang rekan guru yang berkomentar negatif tentang cara mengajar Anda. Anda sebenarnya berupaya menerima komentar itu sebagai sebuah masukan. Meskipun demikian, Anda merasa kurang nyaman karena ia menyampaikannya di depan murid-murid di kelas Anda. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengambil sikap tenang dan mengucapkan terima kasih

5

Tetap tenang dan tidak tersulut emosi sesaat

4

Mencoba menahan diri hingga tidak ada peserta didik

3

Tersenyum saja meski merasa sakit hati

2

Menegurnya di depan peserta didik

1

19.   Sekolah Anda menjalin kerja sama dengan puskesmas terdekat untuk menjamin kesehatan fisik seluruh peserta didik. Meskipun demikian, Anda merasa lembaga yang diajak kerjasama tersebut tampak kurang berperanan. Masih banyak peserta didik yang sering tidak masuk dikarenakan alasan sakit. Sebagai guru yang memiliki tugas tambahan untuk mengelola UKS, apa tindakan Anda?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengajak diskusi pihak puskesmas untuk mengevaluasi kegiatan yang berjalan

5

Menanyakan pendapat rekan guru lain

4

Mencoba memberikan survei kepada peserta didik yang pergi ke UKS

3

Berpikir tentang melakukan evaluasi dari kerjasama itu selama ini

2

Meminta kepala sekolah untuk mencari puskesmas lain yang lebih baik

1

20.   Di kelas Anda ada kelompok peserta didik yang tampak dominan di kelas, namun ada pula peserta didik yang cenderung pasif dan malu bila harus tampil di depan umum. Selaku guru kelas, Anda sudah meminta kepada semua peserta didik untuk meningkatkan keberaniannya dalam menyampaikan pendapat, namun belum ada perubahan yang signifikan. Jika menemui kasus tersebut, apa yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta teman-teman memberi semangat kepada teman yang sudah lebih berani

5

Memberikan apresiasi pada peserta didik yang berani bertanya

4

Berupaya mempersuasi agar semua berani menyampaikan pendapatnya

3

Menyadari bahwa beberapa orang membutuhkan waktu untuk tampil di depan umum

2

Langsung menunjuk peserta didik yang tampak malu dan pasif untuk bertanya

1

21.   Anda datang ke sekolah setengah jam lebih lambat dikarenakan harus mengantar anak Anda ke dokter. Anda sebenarnya sudah berusaha untuk mengantar lebih pagi namun ternyata tetap terlambat. Di satu sisi, ada kesepakatan yang berlaku di kelas Anda bahwa toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta maaf dan membuat kesepakatan konsekuensi dengan peserta didik

5

Meminta maaf sambil menjelaskan alasan kepada peserta didik di kelas

4

Berupaya untuk menerangkan alasan keterlambatan saya kepada peserta didik

3

Merasa tidak enak karena melanggar kesepakatan kelas

2

Langsung memberi materi pelajaran begitu masuk ke kelas

1

22.   Sebelum berangkat ke sekolah hari ini Anda berkonflik dengan pasangan, yang berdampak terhadap suasana hati yang kurang baik. Anda sebenarnya sedang tidak ingin bertemu dengan banyak orang namun peserta didik Anda menunggu di kelas. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan sebagai guru kelas?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Melupakan konflik sementara dan membuka aktivitas pembelajaran dengan hangat

5

Tetap menyapa nama setiap peserta didik dan menanyakan kabar mereka

4

Berusaha untuk tetap tersenyum meskipun sulit untuk dilakukan

3

Menyadari bahwa saya harus mengendalikan emosi dengan baik

2

Mengosongkan jam pelajaran daripada tidak dapat mengendalikan emosi marah di kelas

1

23.   Dalam rangka mewujudkan sekolah ramah anak, Anda diminta kepala sekolah untuk menggali data tentang kebahagiaan peserta didik di sekolah. Anda pun melakukan survei kepada seluruh warga sekolah dan memperoleh data yang banyak sekali. Hanya saja, Anda kebingungan menindaklanjuti data-data tersebut. Sebagai guru yang ditunjuk sebagai koordinator, tindakan apa yang Anda prioritaskan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengajak guru lain untuk mendiskusikan hasil survei

5

Menganalisis data hasil survei tersebut

4

Berupaya melakukan evaluasi semampunya

3

Menyadari bahwa data tersebut perlu diinterpretasi

2

Mengumpulkan data mentah kepada kepala sekolah

1

24.   Anda ditugaskan Kepala Sekolah untuk mengikuti lomba menulis artikel ilmiah dan Anda pun mendaftar di kegiatan tersebut. Dikarenakan banyaknya kegiatan administrasi di sekolah yang harus diselesaikan, Anda baru menulis artikel di hari terakhir. Hasilnya cukup mengecewakan karena Anda tidak memenangkan lomba tersebut. Sebagai satu-satunya guru yang mengikuti lomba itu, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Akan mencatat semua tugas-tugas agar tidak ada yang terlupa lagi

5

Mengakui bahwa hal tersebut dikarenakan kekurangmampuan dalam mengatur waktu

4

Berusaha mencermati kelemahan artikel saya meskipun tidak menemukannya

3

Menyadari bahwa seharusnya saya menolak permintaan Kepala Sekolah dari awal

2

Menganggap panitia kurang memiliki keadilan dalam penilaian lomba itu

1

25.   Anda ingin mengganti tata ruang kelas dengan melibatkan pendapat peserta didiknya. Dengan antusias, peserta didik memberikan usulan dan pendapatnya. Anda sangat mengapresiasi hal tersebut, namun Anda menyadari bahwa ide dari peserta didik ternyata kurang sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai guru kelas, apa tindakan yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Melakukan evaluasi bersama peserta didik tentang ide mereka

5

Tetap menggunakan tata ruang dari peserta didik untuk menghargai mereka

4

Berupaya untuk menghargai hasil pemikiran peserta didik meskipun merasa kurang puas

3

Menyadari bahwa ide peserta didik harus dihargai meskipun masih kurang sesuai

2

Langsung mengganti tata ruang kelas dengan ide yang lebih baik dari usulan peserta didik

1

26.   Di pertemuan hari ini, Anda ingin peserta didik memberikan contoh-contoh kongkret dari setiap sila Pancasila. Ketika Anda mencoba menanyakan satu persatu, ternyata mereka tidak dapat menyebutkan sila-sila tersebut. Padahal Anda telah menyampaikan materi tentang sila Pancasila beserta simbolnya masing-masing pada pertemuan sebelumnya. Sebagai guru PPKN, bagaimana Anda menyikapinya?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membagi kelas ke dalam lima kelompok (berdasarkan sila) dan mendiskusikan contoh di tiap kelompoknya

5

Meminta peserta didik mendiskusikan kelima contoh sila di dalam kelompok yang telah ditentukan

4

Berupaya untuk membuat peserta didik melakukan aktivitas selain menulis dan menghafal

3

Memaklumi kesulitan peserta didik dalam mencari contoh konkret secara individual

2

Mengulangi materi sebelumnya dan meminta peserta didik memberi jawaban tertulis

1

27.   Sekolah Anda melaksanakan program untuk mengasah empati peserta didik, dikarenakan tingginya kasus perundungan yang ada di sekolah. Setelah dilaksanakan program selama satu semester, Anda merasa tidak ada perubahan yang signifikan. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru lain. Di sisi lain, Anda tidak menjadi panitia dari program tersebut. Sebagai salah satu guru di sekolah itu, apa tindakan yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Memfasilitasi diskusi antara guru yang menjadi panitia dan nonpanitia

5

Berdiskusi dengan pihak panitia terkait target program yang diinginkan

4

Berupaya untuk menggali informasi dari peserta didik

3

Meminta panitia untuk melakukan evaluasi program

2

Merasa bukan menjadi tanggung jawab saya

1

28.   Sinta adalah keponakan Anda yang bersekolah di tempat Anda mengajar. Satu tahun terakhir ia mengalami kesulitan konsentrasi dan penurunan nilai dikarenakan kondisi orangtuanya yang sering berkonflik di rumah. Ketika Anda menyampaikan kepada orangtua, mereka meminta Anda untuk membantu nilai Sinta. Anda ingin menolak permintaan tersebut namun merasa iba dengan Sinta. Jika Anda menghadapi situasi tersebut, apa yang Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta orangtua untuk bersama-sama membantu Sinta tanpa melakukan pelanggaran etika

5

Menyatakan penolakan secara tegas karena hal tersebut tidak sesuai dengan integritas guru

4

Mencoba menolak dengan penyampaian yang halus dan sopan

3

Memahami bahwa saya memiliki integritas yang harus dijaga

2

Melakukan permintaan tersebut namun tidak di semua mata pelajaran

1

29.   Anda membeli makan siang di kantin, namun melihat antrean panjang di kasir. Ketika kasir melihat Anda ingin membayar, ia mempersilakan Anda untuk langsung ke depan karena Anda seorang guru. Anda sebenarnya ingin mengantre sebagaimana yang biasanya Anda ajarkan, namun Anda sedang terburu-buru mempersiapkan materi pelajaran berikutnya. Apa tindakan Anda bila menghadapi kasus ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengantre untuk menjadi contoh bagi guru dan peserta didik

5

Tetap mengantre sambil meminta untuk mempercepat pelayanan

4

Tidak akan mendahului antrean bila tidak dalam kondisi mendesak

3

Merasa tidak nyaman ketika harus mendahului antrean tersebut

2

Segera membayar dan berterima kasih kepada kasir karena memberi izin

1

30.   Salah seorang peserta didik di kelas Anda sudah seminggu tidak masuk sekolah dikarenakan sakit. Sebagai guru kelas, Anda bermaksud mengajak teman-temannya untuk menjenguk. Hampir seluruh peserta didik dengan antusias merespon ajakan tersebut, namun ada lima orang yang menolak karena khawatir akan tertular. Tindakan apa yang Anda prioritaskan bila Anda menghadapi situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengajak semua teman menjenguk dengan memastikan bahwa peserta didik itu aman dikunjungi

5

Meminta semua teman untuk menjenguk dengan tetap menjaga protokol kesehatan

4

Berusaha untuk menanamkan bahwa menjenguk itu sebagai bentuk empati

3

Berharap semua teman-teman di kelas mau menjenguk juga

2

Hanya mengajak peserta didik yang mau ikut serta untuk menjenguk temannya

1

31.   Dalam forum guru, terjadi diskusi yang membahas tantangan dalam proses belajar mengajar di kelas. Hal ini terkait dengan semakin banyaknya jumlah dan keragaman peserta didik berkebutuhan khusus. Di sisi lain, banyak guru yang tidak faham tentang pengelolaan kelas inklusi. Sebagai salah satu guru di sekolah itu, bagaimana respon Anda?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyampaikan kesediaan pada forum untuk berbagi lebih banyak informasi tentang bagaimana mengelola proses belajar di kelas inklusif

5

Menyampaikan garis besar informasi tentang berbagai penyesuaian yang perlu segera dilakukan agar kelas lebih inklusif

4

Menyarankan kepada sejawat dalam forum guru untuk berdiskusi lebih banyak dan saling berbagi pengalaman tentang proses pembelajaran kelas inklusif

3

Menyatakan perlunya memperdalam pemahaman tentang bagaimana mengelola kelas yang lebih inklusif untuk semua peserta didik

2

Tidak terbawa oleh kebingungan rekan guru yang lain dan tetap berprinsip melakukan tugas guru di kelas semampu yang bisa dilakukan

1

32.   Sebagai guru baru, Anda akan masuk di kelas yang memiliki peserta didik dengan disabilitas penglihatan (low vision). Anda sudah menyiapkan tayangan untuk digunakan dalam menjelaskan materi, namun menurut informasi dari guru BK, peserta didik low vision ini sangat sensitif terhadap cahaya dan warna ketika melihat layar, meskipun kadang masih bisa membacanya. Tindakan apa yang Anda lakukan ketika mendapatkan masalah yang terjadi seperti kasus di atas?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyesuaikan pengaturan visual tayangan agar lebih efektif membantu belajar para peserta didik dengan keterbatasan penglihatan

5

Mencari informasi lebih lanjut tentang bagaimana membuat tayangan yang tepat untuk media belajar peserta didik low vision

4

Mempertimbangkan untuk menyesuaikan tayangan yang sudah disiapkan agar lebih membantu memberikan penjelasan

3

Mencari masukan sejawat guru yang lebih berpengalaman di kelas yang memiliki peserta didik dengan kekhususan serupa

2

Menggunakan tayangan yang sudah disiapkan dan bersiap memberikan penjelasan dengan pelan-pelan

1

33.   Anda terbiasa melakukan evaluasi tertulis untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode dan materi yang sama untuk semua peserta didik. Kali ini ada beberapa peserta didik berkebutuhan khusus yang sangat aktif bergerak di kelas Anda, sehingga tidak memungkinkan mengisi lembar evaluasi tertulis sebagaimana yang biasa Anda lakukan. Sebagai guru kelas, bagaimana sikap Anda merespon hal tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyusun sebuah metode evaluasi yang dapat mengetahui pemahaman peserta didik meski sambil beraktivitas secara fisik

5

Mencari alternatif soal-soal singkat yang tidak membutuhkan waktu penyelesaian yang lama

4

Memikirkan kemungkinan instrumen evaluasi yang lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sangat aktif bergerak tersebut

3

Menanyakan kepada kepada guru lain yang lebih senior mengelola kelas tersebut untuk meminta pendapat

2

Menggunakan instrumen evaluasi yang sama untuk semua peserta didik, karena jumlah yang berkebutuhan khusus jauh lebih sedikit

1

34.   Seorang peserta didik berkebutuhan khusus menunjukkan perubahan perilaku menjadi sering bersikap emosional. Padahal Anda sudah berupaya merancang aktivitas belajar yang sesuai dengan kondisinya, dan di awal semester ia tampak kooperatif mengikuti setiap pembelajaran. Sebagai guru pendamping, tindakan apa yang Anda lakukan ketika mendapatkan masalah yang terjadi seperti kasus tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut

5

Meminta petunjuk pada guru BK atau konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan

4

Menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan sekolah agar mendapatkan saran tindak lanjut yang lebih efektif

3

Memikirkan berbagai penanganan yang dapat dilakukan agar perilaku peserta didik tersebut kembali kooperatif

2

Memberikan jeda bagi peserta didik tersebut untuk menenangkan diri dengan tidak masuk sekolah sementara waktu

1

35.   Anda mendapatkan informasi bahwa di kelas Anda semester depan akan ada beberapa peserta didik berkebutuhan khusus dengan karakteristik tertentu. Mereka tidak suka membaca, namun akan antusias mendengarkan bila guru bercerita. Kondisi ini cukup membingungkan mengingat Anda belum memiliki pengalaman khusus di kelas inklusif sebelumnya. Apa yang Anda lakukan jika menemui situasi ini?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyusun kegiatan pembelajaran dengan diskusi dalam kelompok kecil agar peserta didik dapat mengekspresikan ide-idenya

5

Pada materi-materi tertentu, ada aktivitas membaca dengan keras untuk memenuhi kebutuhan peserta didik

4

Mencoba mengidentifikasi materi-materi yang dapat direkam untuk dapat diakses oleh peserta didik

3

Memikirkan kemungkinan penyesuaian rencana pembelajaran dengan adanya karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus itu

2

Menggunakan rencana pembelajaran semester lalu yang sudah berjalan dengan baik

1

36.   Minggu depan adalah jadwal Anda untuk menemani peserta didik melakukan studi lapangan, memperdalam pemahaman terkait materi tertentu yang Anda ajar. Anda sudah merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, namun kemudian Anda baru ingat bahwa terdapat empat peserta didik berkebutuhan khusus yang lebih suka membaca buku atau melihat gambar daripada harus beraktivitas di lapangan. Sebagai guru, apa yang menjadi prioritas Anda bila menghadapi situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengelompokkan kegiatan di lapangan berdasarkan gaya belajar peserta didik di kelas

5

Mempersiapkan bahan bacaan dan gambar-gambar yang dapat digunakan selama perjalanan

4

Mencoba memilih alternatif kegiatan di lapangan yang dapat membuat nyaman semua peserta didik tanpa kecuali

3

Memikirkan objek studi lapangan yang akan menarik minat semua peserta didik yang berpartisipasi di kegiatan tersebut

2

Melakukan rencana kegiatan yang telah disusun sebelumnya karena waktu persiapan yang sudah mendesak

1

37.   Anda sedang menyiapkan rencana aktivitas refleksi untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan lapangan. Terkait hal itu, Anda sudah mempersiapkan lembar refleksi yang dapat diisi secara tertulis oleh peserta didik. Ketika membagikan lembar tersebut, Anda baru menyadari bahwa ada beberapa peserta didik dengan disabilitas yang membuat mereka kesulitan menuliskan refleksinya pada lembar tersebut. Sebagai guru pendamping lapangan, apa yang akan Anda lakukan bila menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Merancang metode atau alat bantu sederhana yang dapat membantu peserta didik menuliskan refleksinya

5

Menanyakan langsung secara lisan tentang hasil refleksi kepada peserta didik tersebut lalu mencatatnya

4

Mempertimbangkan media atau cara lain untuk mendapatkan data refleksi dari peserta didik berkebutuhan khusus

3

Meminta masukan dari guru lain yang sudah pernah memberikan penilaian tertulis terhadap peserta didik tersebut

2

Tetap menggunakan lembar refleksi secara tertulis karena tidak memungkinkan bentuk refleksi yang lain

1

38.   Peserta didik yang mengalami autisme selalu kesulitan memahami penjelasan di kelas meskipun sudah Anda berikan secara sederhana. Sebenarnya Anda mengetahui bahwa menggunakan media visual seperti pada "social story" akan membantu mereka memahami informasi dengan lebih mudah, namun membuatnya akan membutuhkan banyak waktu. Di sisi lain, Anda memiliki tugas-tugas administrasi yang cukup memakan waktu Anda. Sebagai guru di kelas inklusi, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat media visual yang meskipun sederhana namun membantu dalam memberikan penjelasan

5

Mencari contoh-contoh " social story " sebagai referensi untuk bisa membuatnya di kelas

4

Mempertimbangkan media visual yang dapat dibuat dengan cepat untuk membantu memberikan penjelasan

3

Mencari masukan sejawat guru yang lebih berpengalaman menghadapi peserta didik dengan autisme ini

2

Membiasakan diri untuk lebih sabar dan telaten dalam memberikan penjelasan sebagaimana sebelumnya

1

39.   Kelas Anda mendapatkan satu peserta didik baru, pindahan dari sekolah yang lain. Setelah satu bulan mengikuti pembelajaran di kelas, Anda merasakan adanya kondisi spesifik dan perilaku yang berbeda dari peserta didik lain pada umumnya. Di sisi lain, tidak ada informasi spesifik, kecuali catatan rapor dan surat pengantar kepindahan dari sekolah terdahulu. Sebagai guru kelas, apa yang akan Anda lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengkonsultasikan dengan konselor atau psikolog sekolah yang lebih memahami.

5

Mencari informasi yang dapat menjelaskan kondisi dan perilaku yang tampak tersebut.

4

Menanyakan kepada peserta didik lain tentang konsistensi perilaku yang berbeda tersebut.

3

Mencoba mengamati dengan lebih intens di minggu-minggu berikutnya.

2

Memahami bahwa kondisi tersebut adalah hal yang biasa terjadi pada peserta didik baru.

1

40.   Seorang guru meminta saran Anda terkait kondisi beberapa peserta didik di kelasnya yang kemampuan dan kecepatannya memahami materi sangat berbeda dari peserta didik yang lain. Anda sebenarnya ingin membantu, namun posisi beliau sebagai guru senior mungkin akan sulit melakukan penyesuaian pada kebiasaan mengajarnya yang sudah sekian tahun dilakukan. Apa prioritas tindakan Anda dalam menghadapi situasi di atas?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Mengajak beliau mendiskusikan lebih lanjut tentang bagaimana mengelola kelas yang lebih inklusif

5

Memberikan petunjuk singkat tentang berbagai penyesuaian yang dapat dilakukan agar kelas lebih inklusif

4

Menyarankan kepada senior tersebut untuk mencoba mencari informasi tentang proses pembelajaran kelas inklusif

3

Menyarankan kepada senior tersebut untuk mendiskusikannya dengan sejawat lain yang lebih berpengalaman menangani kelas dengan keragaman peserta didik

2

Memahami kondisi senior dan menyampaikan bahwa tidak masalah jika beliau mengajar sebagaimana waktu-waktu sebelumnya

1

41.   Anda adalah guru di sebuah kelas inklusi. Saat mengajarkan materi geografi, Anda memerlukan media bantu untuk beberapa peserta didik berkebutuhan khusus. Namun demikian, pengajuan kebutuhan sarana belajar yang Anda sampaikan pada pimpinan sekolah tidak ditindaklanjuti. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat media belajar dari bahan daur ulang untuk membantu peserta didik berkebutuhan khusus memahami konsep-konsep geografi ini dengan optimal

5

Mencari bahan-bahan yang tersedia untuk membuat alternatif media bantu agar proses belajar peserta didik berkebutuhan khusus tetap berjalan dengan baik

4

Memikirkan kemungkinan media lain sebagai pengganti sarana belajar yang diusulkan untuk peserta didik berkebutuhan khusus

3

Berkonsultasi kepada senior yang pernah mengajar materi geografi pada peserta didik berkebutuhan khusus untuk memperoleh masukan mengatasi keterbatasan media bantu ini

2

Menggunakan media yang biasa digunakan sebelumnya, dengan harapan peserta didik berkebutuhan khusus tetap dapat mengikuti proses belajar sebagaimana peserta didik yang lain

1

42.   Sudah satu minggu Anda diminta mengajar di satu kelas yang belum pernah Anda masuki. Tidak ada informasi spesifik tentang kondisi peserta didik di dalamnya, namun Anda melihat ada lebih dari tiga peserta didik yang selalu kesulitan mengikuti pelajaran, serta ada satu peserta didik yang menunjukkan pola perilaku berbeda saat berinteraksi dengan teman yang lain. Sebagai guru, apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Menyesuaikan kembali rancangan pembelajaran untuk lebih memfasilitasi keragaman kondisi peserta didik

5

Mendiskusikannya dengan guru lain untuk mendapatkan masukan tentang aktivitas belajar yang lebih sesuai

4

Mempertimbangkan penyesuaian kegiatan belajar untuk peserta didik yang kondisinya berbeda

3

Mencoba mengamati dengan lebih lanjut perbedaan kondisi peserta didik untuk mendapatkan data yang lebih lengkap

2

Memahami hal tersebut sebagai bagian dari keragaman kondisi kelas dan melaksanakan pembelajaran seperti biasa

1

43.   Pada peralihan semester ini, Anda ditugaskan untuk mengelola sebuah kelas inklusif. Terdapat empat orang peserta didik berkebutuhan khusus, dua orang mengalami disleksia, dan dua yang lain mengalami disabilitas intelektual. Data dari BK menunjukkan bahwa keempat peserta didik ini memiliki gaya belajar kinestetik. Di sisi lain, Anda belum memiliki pengalaman sama sekali untuk mengajar di kelas inklusif, sehingga Anda merasa kesulitan dalam menentukan rencana pembelajaran di kelas tersebut. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Merencanakan aktivitas belajar di dalam kelompok yang melibatkan gerakan fisik dan praktik langsung

5

Memperkenalkan materi dengan aktivitas-aktivitas yang menggunakan gerakan tangan, kaki, dan tubuh mereka

4

Mencoba membuat kegiatan pembelajaran yang tidak terlalu banyak duduk untuk memfasilitasi kebutuhan mereka

3

Memikirkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodir gaya belajar kinestetik peserta didik berkebutuhan khusus tersebut

2

Menggunakan terlebih dahulu rencana pembelajaran yang sama seperti kelas-kelas di semester sebelumnya

1

44.   Anda adalah guru baru yang mengajar bahasa asing di sebuah kelas inklusif. Menjelang penilaian tengah semester, waktu Anda menyiapkan soal cukup terbatas, sementara beberapa peserta didik memiliki kebutuhan khusus yang membuat kemampuan berbahasanya tidak selalu tampak dari satu metode evaluasi yang sama. Apa tindakan yang Anda prioritaskan untuk lakukan ketika menemui situasi tersebut?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Membuat variasi soal atau model penilaian dengan memperhatikan tingkat kemampuan bahasa peserta didik

5

Mencari referensi alternatif model penilaian yang bisa digunakan untuk peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan bahasa

4

Memikirkan kemungkinan jenis soal yang berbeda yang lebih sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus di kelas

3

Berkonsultasi kepada guru yang lebih dulu mengelola peserta didik di kelas tersebut untuk memperoleh masukan

2

Menggunakan terlebih dahulu soal yang sama untuk seluruh peserta didik, agar nantinya dapat dievaluasi perbedaan capaiannya

1

45.   Terjadi kasus perundungan di kelas Anda yang membuat seorang peserta didik berkebutuhan khusus takut untuk kembali ke sekolah. Padahal sebelum kejadian tersebut, ia dikenal sebagai peserta didik yang rajin dan bersemangat. Sebagai wali kelas, Anda sudah menemuinya, namun tetap tidak berhasil membujuk. Jika menemui situasi tersebut, apa yang akan Anda lakukan?

JAWABAN

BOBOT NILAI

Meminta bantuan konselor atau psikolog untuk melakukan pendampingan pada peserta didik tersebut

5

Meminta petunjuk pada konselor sekolah tentang hal-hal yang harus dilakukan

4

Mencoba kembali menemui dan mengajak kembali bersekolah di waktu yang lain

3

Meminta orangtua dari peserta didik tersebut untuk terus membujuk agar mau ke sekolah

2

Memberikan waktu untuk peserta didik tersebut menenangkan dirinya

1